Go Online or Go Away! TDA Balikpapan Dorong UMKM Kuasai Digital Marketing untuk Bertahan di Era Digital

Balikpapan – Perubahan zaman serta teknologi yang begitu cepat kini memaksa setiap orang khususnya para pelaku usaha untuk dapat beradaptasi bahkan memanfaatkan segala kecanggihan fasilitas digital yang kini hadir didalam genggaman tangan, yang dengannya kita hampir bisa melakukan apa saja hanya dengan menggerakkan jemari kita.

Disisi lain, masih adanya pelaku-pelaku UMKM yang kesulitan mendapatkan pengetahuan ataupun belum memiliki pengertian yang benar terkait pemanfaatan digital marketing menjadi perhatian tersendiri bagi Komunitas entrepreneur Tangan Di Atas (TDA) Kota Balikpapan. Bagaimana tidak, ketertinggalan UMKM dalam beradaptasi dan membaca perubahan perilaku pasar di era digital membuat mereka terancam kehilangan potensi penjualan yang sangat besar.

Rusdian Wijaya, selaku Ketua Komunitas TDA Balikpapan periode 8.0 beserta para pengurusnya berinisiatif menghadirkan mentor praktisi dari bidang digital marketing bertaraf nasional, Hendra W. Saputro, dalam agenda edukatif bertajuk “Digital Marketing Mastery” pada 5 oktober kemarin. Diketahui lebih dari 50 peserta dari kalangan pengusaha dan mahasiswa mengikuti rangkaian agenda yang diselenggarakan di sebuah kafe di jalan Ahmad Yani, Kota Balikpapan tersebut dengan antusias.

Dalam penyampaian materinya, Hendra W. Saputro yang juga pernah menjabat sebagai ketua TDA Bali pada tahun 2017-2019 dan diketahui sebagai pengusaha multi-bisnis dintaranya restoran, pembuatan website, sampai penyewaan private jet tersebut menekankan pentingnya memahami teknik dan strategi beriklan melalui media sosial agar tetap efisien dan tepat sasaran.

Hendra mengatakan, “Konten medsos harus relevan. Kalau ada orang ngunjungin akun usaha Anda, jangan buat mereka merasa lost (tersesat) ketika masuk ke akun atau page bisnis Anda karena isinya nggak nyambung apalagi gak ada hubungannya sama kebutuhan calon konsumen”.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Bli Hendra tersebut juga menekankan pentingnya memiliki kemampuan memahami dan membangun hubungan antar manusia dalam menjalankan bisnis di bidang apapun, entah dalam bisnis kuliner, jasa, properti, sampai pertambangan.

Hendra menjelaskan, “Every business is people business. Wajib bagi setiap pemilik usaha untuk bisa memahami bagaimana bekerja didalam tim, menerapkan SOP, memberikan jobdesk dan menghargaj kekuatan silaturahmi dan pertemanan. Karena seringkali pelanggan-pelanggan pertama kita, dan pelanggan loyal kita adalah teman kita sendiri”.

Dilain pihak, ditemui usai acara tersebut, Ketua TDA Balikpapan Rusdian Wijaya juga memberikan komentar, “Di jaman sekarang hampir semuanya serba digital mau gak mau bisnis owner harus punya kemampuan dasar digital marketing”.

Rusdian juga menambahkan, “Bisa gak bisa wajib di paksa, maka itu kami undang bang Hendra untuk mengisi dan memberikan pencerahan kepada saya dan teman-teman TDA Balikpapan tentang pentingnya memahami digital marketing dan juga trik-trik ter-update-nya mengenai digital marketing”.

Dalam closing statement-nya, sambil mengangkat telunjuknya ke arah pada hadirin, dengan lugas Hendra mengatakan “Go online or go away!” disambut riuh tepuk tangan yang sekaligus menggungah semangat para peserta yang menyimak uraian materinya.

Harapannya, dengan bertambahnya wawasan dan kemampuan para pelaku usaha tentang digital marketing dapat meningkatkan potensi jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan dengan signifikan sehingga dapat membantu menumbuhkan bisnis para pelaku usaha di Balikpapan dan sekitarnya.

Loading

Writer: Kurniawan

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!