Kegiatan Pesta Karya IX Bersama Sekolah Inklusi yang Diadakan SMPN 1 Sangatta Utara

Kegiatan Pesta Karya IX di SMPN 1 SANGATTA UTARA
Kegiatan Pesta Karya IX di SMPN 1 SANGATTA UTARA

Sangatta – SMPN 1 Sangatta Utara mengadakan pesta Karya IX dan menyertakan sekolah inklusi di dalam kegiatan ini dari 30 Oktober hingga 3 November 2023 besok.

Salah satu inovasi dalam kegiatan Pesta Karya IX yang setiap tahunya diadakan oleh SMPN 1 Sangatta Utara. Pesta Karya IX dimaksudkan untuk mewadahi bakat para siswa SMPN 1 Sangatta Utara, Kamis (02/11/2023).

Yeti Arica Desiviana, selaku kepala sekolah SMPN 1 Sangatta Utara, mengatakan bahwa bazar tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Tahun ini baru percobaan kami melibatkan sekolah inklusi se-Kutai Timur dengan 2 kategori lomba, mewarnai atau menggambar dan fashion show dari bahan bekas,” ucapnya.

Kegiatan pesta Karya IX SMPN 1 Sangatta Utara saat ini banyak mengadakan perlombaan pentas seni sampai pameran produk unggulan kelas.

Pihak sekolah menyediakan stan-stan untuk memasarkan produk dari kelompok usaha yang dimiliki siswa sebagai wadah kewirausahaan.

Tak hanya itu, para siswa yang berwirausaha menggunakan modal usaha secara mandiri dari kelasnya sehingga saat mendapat laba kembali kepada keuangan kelas.

“Ini sebagai wujud pembelajaran kewirausahaan pada siswa sehingga siswa sejak dini sudah bisa memanajemen usahanya,” jelasnya.

Pada tahun yang akan datang, pihaknya akan menambah jenis perlombaan untuk para sekolah inklusi. Sementara ini, peserta sekolah inklusi berasal dari SMPN 1 Sangatta Utara, SLB Kutai Timur, SLB Darussalam dan SMPN 2 Muara Ancalong.

“Semoga tahun yang akan datang bisa mengundang sekolah lainnya hingga ke pelosok dan kita bisa membantu cover biaya akomodasi,” ucapnya.

Writer: DimasEditor: Setiya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!