Kutai Timur Berkomitmen Mengurangi Pengangguran

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang
Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang

Sangatta – Upaya ini mencakup program pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang, menjelaskan, “Kami berusaha mengurangi pengangguran dengan melengkapi tenaga kerja lokal dengan keterampilan dan sertifikasi yang diperlukan dalam berbagai sektor industri. Ini akan membuka peluang pekerjaan yang lebih baik.”

Program pelatihan telah mencakup berbagai bidang, termasuk pengelasan, perawatan mesin, desain grafis, dan servis AC. Peserta pelatihan diberikan pelatihan intensif dan kesempatan untuk mengikuti ujian sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Sertifikasi dari BNSP adalah bukti kualifikasi yang diakui secara nasional. Ini memungkinkan tenaga kerja lokal bersaing dengan lebih baik di pasar kerja yang semakin ketat,” kata Piter Buyang.

Dalam beberapa tahun terakhir, program pelatihan dan sertifikasi telah menghasilkan peningkatan signifikan dalam daya saing tenaga kerja Kutai Timur. Banyak perusahaan yang semakin tertarik untuk merekrut tenaga kerja lokal yang terampil.

Penciptaan lapangan kerja juga menjadi fokus utama. Dengan meningkatnya kompetensi tenaga kerja lokal, perusahaan-perusahaan di daerah ini mendapati sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam mengurangi pengangguran merupakan upaya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warganya dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah ini.

Dengan terus memperkuat program pelatihan dan sertifikasi, diharapkan tingkat pengangguran akan terus menurun dan menciptakan lingkungan yang lebih makmur bagi semua.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!