Meningkatnya Jumlah PKWT di Kutai Timur

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang
Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang

Sangatta – Kabupaten Kutai Timur mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah Pekerja Kontrak Waktu Tertentu (PKWT) selama beberapa tahun terakhir. Data dari Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang, mengungkapkan tren ini.

Piter Buyang menjelaskan, “Tahun 2021, kita mencatat 12.477 pekerja berstatus PKWT. Angka ini meningkat menjadi 13.177 pada tahun 2022, dan pada 2023 jumlah pekerja PKWT mencapai 15.605. Hingga bulan September tahun ini, total pekerja PKWT telah mencapai 200.459.”

PKWT merujuk pada perjanjian kerja yang memiliki batas waktu tertentu, biasanya dalam bentuk kontrak. Tren peningkatan jumlah pekerja PKWT ini mencerminkan pertumbuhan sektor industri dan perusahaan di Kutai Timur.

Namun, tingginya jumlah PKWT juga memicu perhatian terhadap angka pengangguran di daerah ini. Piter Buyang menjelaskan, “Peningkatan jumlah pekerja PKWT mengindikasikan pertumbuhan sektor ekonomi. Namun, Kutai Timur juga menerima pendatang dari luar daerah yang berminat bekerja di sini. Oleh karena itu, masalah pengangguran harus diidentifikasi dengan hati-hati.”

Data yang lengkap mengenai tingkat pengangguran masih memerlukan analisis lebih lanjut, dan akan bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mendapatkan data yang lebih rinci. Situasi ini memerlukan perencanaan yang cermat dari pemerintah daerah untuk mengatasi tantangan pengangguran.

Peningkatan pekerja PKWT juga menyoroti pentingnya peningkatan kualifikasi dan keterampilan tenaga kerja.

Dengan menjalankan program pelatihan dan sertifikasi, Dinas Tenaga Kerja Kutai Timur berupaya meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal sehingga mereka dapat bersaing di pasar kerja yang semakin ketat.

Hal ini diharapkan dapat membantu meredakan permasalahan pengangguran sambil mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!