Disnakertrans Harap Peningkatan SDM juga Dilakukan di Perusahaan Dengan Membangun Fasilitas BLK

Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) akan dilakukan oleh Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dengan melakukan pembangunan besar-besaran, untuk membangun fasilitas Balai Latihan Kerja (BLK) yang representatif
Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) akan dilakukan oleh Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dengan melakukan pembangunan besar-besaran, untuk membangun fasilitas Balai Latihan Kerja (BLK) yang representatif

SANGATTA – Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) akan dilakukan oleh Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dengan melakukan pembangunan besar-besaran, untuk membangun fasilitas Balai Latihan Kerja (BLK) yang representatif.

Kepala Disnakertrans Kutim, Sudirman Latif mengaku pembangunan dilakukan dengan harapan, untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang trampil dan mandiri, serta mampu bersaing dengan tenaga luar.

“Dalam setahun ini, kami sudah mulai melakukan tugas fungi secara mandiri, dalam rangka membangun SDM. Dimana dengan dukungan pemerintah yang kuat, termasuk dari DPRD, kita terus melakukan pelatihan-pelatihan keterampilan bagi calon tenaga kerja kita sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja,” ucapnya.

Selain pelatihan yang dilakukan Disnaker melalui BLKI, juga kolaborasi dengan perusahan swasta. Tapi, ia juga berharap, di perusahan-perusahan ada pelatihan sendiri. Sebab dirinya akui, Disnaker tidak bisa melakukan sendiri, tanpa bantuan pihak lainnya, terutama swasta.

Pembangunan SDM ini, akan lebih baik lagi, dengan akan dilakukannya pembangunan besar-besaran terhadap fasilitas BLK, yang representatif. Dengan fasilitas yang lebih baik, diharapkan pelatihan akan lebih baik lagi pula.

Menurutnya, kunci dari dukungan pelatihan ini adalah kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk DPRD. Dimana kominikasi dengan DPRD telah membuahkan hasil, seperti kolaborasi melakukan sosialisasi Perda. Selain itu, ada dukungan DPRD untuk pendanaan pelatihan yang dilakukan, melalui aspirasi mereka.

“Dengan komunikasi yang baik sekarang ini, maka DPRD sudah ikut mendukung program pembangunan SDM, melalui aspirasi DPRD, untuk pelatihan-pelatihan keterampilan yang kami lakukan calon tenaga kerja kita,” terangnya.

Bukan hanya hubungan dengan DPRD, pemerintah, Sudirman juga mengakui, hubungan baik dengan Serikat pekerja, juga sangat penting. Sebab berbagai permasalahan ketenagakerjaan, bisa diselesaikan dengan baik, melalui komunikasi.

“Kita memang tidak bisa jalan sendiri-sendiri,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!