Pengarsipan Dapat Dilakukan dari Peristiwa Kecil

Arsip riwayat kesehatan. (Ist)

Samarinda -Semua sejarah memiliki nilai tersendiri, terutama jika menyangkut personal perseorangan. Sehingga tidak harus menunggu peristiwa besar untuk mulai mengarsipkan.

Segala peristiwa di masa lampau, menjadi sejarah di masa kini. Sementara masa kini akan jadi sejarah bagi masa depan. Sehingga berbagai peristiwa di masa kini, penting untuk diarsipkan. Agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

Dalam hal ini, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menuliskan sejarah. Terutama jika orang tersebut mengalami peristiwa atau sebagai saksi sebuah peristiwa. Kegiatan pendataan dan penulisan untuk suatu peristiwa akan jadi berharga di masa mendatang.

Pemerhati Sejarah Kaltimantan Timur (Kaltim) Fajar Alam pernah beberapa kali melakukan penyelamatan sejarah. Yakni dengan melakukan pengarsipan sejarah dari peristiwa puluhan tahun lalu melalui

penuturan saksi sejarah menjadi tulisan.

Beberapa karyanya kemudian jadi arsip yang penting dan berharga. Bahkan jadi referensi utama dalam penelitian sejarah atau penulisan sejarah lainnya yang masih berkaitan.

Menurut Fajar Alam, tidak ada syarat sebuah masa harus ditulis untuk menjadi sejarah di kemudian hari. Sehingga tidak harus menunggu peristiwa besar terlebih dahulu. Bergantung pada tujuan dan kepentingan penulisan sejarah itu sendiri.

Fajar memberi contoh. Data sejarah yang kemudian menjadi hal yang sangat penting. Misalnya ketika dokter tengah memeriksa pasien. Maka riwayat perkembangan berat badan, riwayat pola hidup, pola makan, akan dari kehidupan di masa lalu, akan jadi data penting.

Dari berbagai riwayat itu, kemudian hisa diambil keputusan untuk diagnosa penyakit dan juga metode penanganannya. Arsip atau catatan dari data-data tersebut jadi penting untuk setiap individu dalam menjaga kesehatan.

“Sesimpel itu kan, juga sejarah. Sebulan lalu juga sejarah,” pungkasnya. (ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!