Joni Minta ASN Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur Joni
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur Joni

Sangatta – Menjelang pesta demokrasi pada tahun 2024, ketua DPRD Kutai Timur (Kutim) Joni meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

Joni berharap agar pemilu yang akan datang sesuai dengan harapan, dengan semua pihak menjaga agar ASN tetap netral. Joni juga menekankan bahwa TNI-Polri dan pihak penyelenggara pemilu juga memiliki peran kunci dalam memastikan pemilu berjalan damai dan sesuai aturan.

“Kalo berkaca dari Pemilu sebelumnya di Kutim para ASN aman dari segala bentuk tim sukses (timses),” Ucapnya.

Joni menyatakan keamanan ASN dari campur tangan Tim Sukses (Timses) merupakan hasil dari aturan yang ditegakkan dengan baik.

Pihak penyelenggara, terutama Panitia Pengawas (Panwas), diharapkan dapat memastikan netralitas dan mengawasi dengan ketat seluruh proses Pemilu. Joni menekankan bahwa pelanggaran netralitas oleh ASN atau TNI-Polri harus ditindak sesuai aturan yang berlaku.

“Aturannya sudah jelas, Panwas juga harus mengawasi dengan ketat sehingga Pemilu berjalan lancar dan damai sesuai aturan. Kalo mereka ASN atau TNI-Polri yang harus netralitas melanggar, akibatnya jelas, kembali lagi sesuai aturan,” tambah Joni.

Mengenai peran media sosial, Joni mengakui bahwa hal-hal seperti dukungan terbuka tidak dapat sepenuhnya dicegah. Namun, ia menekankan perlunya pemahaman bahwa ASN harus tetap netral.

Dukungan dapat disampaikan secara tertutup tanpa membuka diri terlalu lebar di ranah publik. Joni menyarankan agar individu memahami hak pilih mereka namun juga menjaga kebijakan internal untuk tidak menyuarakannya secara terbuka.

“Mereka juga punya hak memilih tapi tahan ajh dalam dirinya tidak perlu di suarakan secara terbuka,” ungkap Joni.

Sebagai upaya antisipasi, Joni menekankan perlunya sosialisasi lebih lanjut mengenai aturan-aturan terkait netralitas ASN dan sanksi yang akan diterapkan jika aturan tersebut dilanggar. Dengan langkah-langkah ini, Joni optimis bahwa pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan sesuai aturan yang telah ditetapkan.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!