DPK Kaltim Gelar Bimtek Bersama Disdikbud

Bimtek Aplikasi Srikandi, yang digelar Disdikbud Kaltim dengan menghadirkan pemateri dari DPK Kaltim. (Ist)

Samarinda- Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (DPK) Kaltim terus memberikan pendampingan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk bisa menerapkan Aplikasi  Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Pendampingan ini guna memudahkan pengelolaan kearsipan di OPD nya masing-masing. DPK Kaltim terus berkomitmen mendukung seluruh Pemerintah Daerah (Pemda), khususnya OPD untuk menerapkan Aplikasi Srikandi.

Hal ini sejalan dengan pelaksanaan Bimbingan Teknis Aplikasi Srikandi terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang di gelar DPK Kaltim, di Hotel Milenium Jakarta, Sabtu (17/06/23) lalu.

Pelatihan ini diikuti 65 peserta yang terdiri dari Bidang SMK, bidang SMA, Bidang GTK, Bidang PPK, Kepala Sub Bagian Umum , UPTD dan cabang dinas  seluruh operator aplikasi Srikandi. Dengan narasumber Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Timur Muhammad Syafranuddin, Arsiparis Ahli Muda Dewi Susanti, Pengelola Sisten informasi Kearsipan Bayu Erlangga. 

Untuk diketahui Aplikasi Srikandi adalah instrumen pengelolaan arsip dinamis yang berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sekretaris Disdikbud Kaltim sekaligus Ketua Panitia, Yekti Utami memaparkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, gunA meningkatkan kompetensi pegawai Disdikbud Kaltim dalam pengelolaan kearsipan.

“Mampu meningkatkan sistem pemerintahan berbasis elektronik mulai dari penciptaan arsip, pembuatan, pengiriman dan naskah dinas antar instansi pemerintah, penyusunan arsip, perpustakaan arsip, dan memelihara arsip,” jelasnya. (ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!