Upacara Pergantian Jabatan Letkol Shodikin Menjadi Kadispotmar Pada tahun 2023

Upacara sertijab
Upacara sertijab

Sangatta – Upacara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Lanal Sangatta dari Letkol Laut (P) Shodikin kepada Letkol Laut (P) Rudi Iskandar yang dipimpin oleh Komandan Lantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Deni Herman.

Kegiatan upacara ini sebagai tanda resminya Letkol Laut (P) Shodikin yang semula menjabat sebagai Komandan Lanal Sangatta Lantamal XIII Tarakan Koarmada II berganti jabatan menjadi Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal V Surabaya Koarmada II. Rabu (25/10/2023).

Setelah Shodikin diganti oleh Danlanal Sangatta yang baru, Letkol Laut (P) Rudi Iskandar yang pada awalnya menjabat sebagai Komandan KRI Tombak-629 Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmada II.

Pada sela-sela upacara tersebut, Danlantamal XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Deni Herman memberikan amanat sebagai arahan bagi Danlanal Sangatta yang baru.

“Lanal Sangatta, sebagai komando pembinaan dan operasional TNI AL yang mengawasi 5 pos AL, memiliki peran vital dalam dukungan logistik, administrasi, operasi keamanan laut, serta pembinaan potensi maritim,” ujarnya.

Dia menilai bahwa Sangatta memiliki tata letak yang geografis dan strategis sehingga bisa menjadi keunggulan untuk kompetitif, namun juga rentan terhadap ancaman keamanan maritim.

Dalam wilayah kerja Lanal Sangatta, terdapat potensi kerawanan dan pelanggaran yang dapat mengganggu stabilitas ekonomi dan keamanan wilayah.

Misalnya, penyelundupan narkoba, ilegal logging, ilegal oil, dan pengeboman ikan.

“Lanal Sangatta memiliki tanggung jawab besar dalam menjamin keamanan yang melewati dan di laut,” tutupnya.

Writer: DimasEditor: Setiya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!