Pengembangan Industri di Kutai Timur Berdampak pada Tenaga Kerja

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang
Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang

Sangatta – Kabupaten Kutai Timur terus mengalami perkembangan sektor industri yang pesat, yang berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di daerah ini.

Meskipun pertumbuhan industri memberikan banyak peluang bagi masyarakat, hal ini juga memberikan dampak pada tenaga kerja lokal.

Menurut Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang, “Perkembangan industri di Kutai Timur telah menciptakan peluang kerja yang signifikan bagi penduduk lokal. Namun, untuk memenuhi permintaan dari perusahaan-perusahaan tersebut, tenaga kerja lokal perlu memperoleh pelatihan dan peningkatan kompetensi yang lebih lanjut.”

Dalam beberapa tahun terakhir, Kabupaten Kutai Timur telah mencatat peningkatan jumlah Pekerja Kontrak Waktu Tertentu (PKWT). Tren ini mencerminkan permintaan perusahaan-perusahaan industri untuk sumber daya manusia yang berkualitas.

Piter Buyang menjelaskan, “Peningkatan jumlah pekerja PKWT mengindikasikan pertumbuhan sektor ekonomi. Namun, kita juga melihat bahwa banyak pendatang dari luar daerah yang ingin bekerja di sini. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis yang mendalam tentang tingkat pengangguran lokal.”

Salah satu upaya Dinas Tenaga Kerja Kutai Timur untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada tenaga kerja lokal.

Hal ini akan membantu mereka memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan-perusahaan yang semakin menuntut kualifikasi tinggi.

Pengembangan industri di Kutai Timur juga memberikan peluang bagi perusahaan lokal untuk bermitra dengan industri besar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan peluang kerja.

Pemerintah daerah juga berkomitmen untuk terus memantau perkembangan sektor ketenagakerjaan dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi sambil mengurangi pengangguran.

Dengan upaya bersama dari pemerintah, industri, dan tenaga kerja, Kabupaten Kutai Timur berharap dapat mengelola pertumbuhan sektor industri dengan bijak dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat setempat.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!