Kutai Timur Fokus Pada Sertifikasi Tenaga Kerja Lokal

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang
Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang

Sangatta – Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, terus menggenjot program sertifikasi tenaga kerja lokal.

Hal ini sebagai langkah strategis untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja lokal di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang, menyoroti pentingnya sertifikasi dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja setempat.

Piter Buyang menjelaskan, “Sertifikasi menjadi kunci dalam mempersiapkan tenaga kerja lokal agar mampu bersaing dalam berbagai sektor industri.

Kabupaten Kutai Timur berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal melalui program sertifikasi.”

Program sertifikasi tersebut merupakan hasil kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pelatihan kerja (LPK) yang berperan dalam memberikan pelatihan kepada tenaga kerja.

Tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan industri dan perusahaan yang semakin meningkat di Kutai Timur.

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah menetapkan target ambisius yaitu menyerap 50,000 tenaga kerja selama periode tertentu. Program sertifikasi dan pelatihan menjadi alat utama untuk mencapai target ini.

Piter Buyang menjelaskan, “Dalam upaya mencapai target penyerapan tenaga kerja, kerja sama dengan LPK sangat penting.

Elemen KLPK (Kelompok Lembaga Pelatihan Kerja) berperan dalam pemenuhan standar pelatihan yang diakreditasi. Dalam kerja sama ini, berbagai syarat administratif dan standar kualitas pelatihan perlu dipenuhi.”

Program sertifikasi tenaga kerja lokal juga mendapat dukungan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Melalui kerja sama dengan BNSP, tenaga kerja lokal dapat mengikuti pelatihan yang diakui secara nasional dan mendapatkan sertifikat profesi yang dapat meningkatkan daya saing mereka.

Piter Buyang menekankan, “Sertifikasi oleh BNSP adalah langkah penting dalam mempersiapkan tenaga kerja lokal untuk berkompetisi di pasar kerja yang semakin ketat.

Ini juga berkontribusi pada pencapaian visi pembangunan Kabupaten Kutai Timur dalam meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan tenaga kerja lokal.”

Dengan fokus pada program sertifikasi, Kabupaten Kutai Timur berharap dapat menciptakan tenaga kerja lokal yang kompeten dan siap bersaing dalam berbagai sektor industri, membantu pertumbuhan ekonomi, dan mengurangi pengangguran.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!