Bupati Kukar Siap Mendorong Pendidikan Vokasi Atasi Pengangguran

BritaHarianKaltim, Kukar – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah terus berkomitmen mengentaskan pengangguran di Kabupaten Kukar. Ia pun fokus mendorong pembangunan pendidikan Vokasi di Kukar guna menjiplak kualitas SDM yang unggul.

Ia menjelaskan, pengangguran di kabupaten yang dipimpinnya sebagian besar berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Karena itu, ia mendorong pembangunan pendidikan vokasi di Kukar. Edi mengaku, Pemkab Kukar telah melakukan perencanaan untuk membangun pusat-pusat pendidikan vokasi dengan menggandeng beberapa perguruan tinggi.

“Dan juga kami mendorong bersama dengan Kementerian Keternagakerjaan yang berkaitan dengan Balai Latihan Nasional. Secara nasional ini sudah kami usulkan,” ungkap Bupati Kukar baru-baru ini.

Ia menyebutkan, Balai Latihan Kerja (BLK) harus melatih orang-orang yang memiliki keterampilan berdasarkan kebutuhan daerah. Dia mencontohkan bidang pertanian yang membutuhkan keterampilan yang bisa dikembangkan di BLK.

Edi juga mengusulkan kepada seluruh SMK di Kukar agar mendirikan dan mengarahkan setiap jurusan sehingga fokus pada bidang tertentu.

“Jurusan SMK di Kukar itu umum sekali. Jadi, jurusan SMK itu tidak punya keahlian. Makanya saya dorong agar fokus,” imbuhnya.
Bupati mencontohkan salah satu SMK di Kecamatan Kembang Janggut yang diusulkannya agar sekolah tersebut konsen di sektor perkebunan sawit.

“Jadi, fokus jurusannya. Begitu dia keluar dari sekolah itu, dia sudah bisa diterima oleh pasar, bahkan nanti untuk lanjutan pendidikan,” sarannya.

Terkait usulan pembentukan badan khusus dalam standar pendidikan sebagaimana Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Edi mengatakan, Pemkab Kukar masih fokus dalam bidang vokasi dan pelatihan-pelatihan.

“Tentunya yang menjadi kewenangan kabupaten. Karena manajemen pemerintahan ini ada kabupaten, provinsi, dan pusat,” jelas Bupati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!