Peringatan Hari Jadi Ke-22 Kabupaten PPU: Menjadi Serambi Nusantara Menuju Masyarakat Madani

Penajam Paser Utara – Halaman kantor Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menjadi saksi pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-22 Kabupaten PPU pada hari Minggu (10/03/2024). Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, memimpin upacara yang berlangsung khidmat, dengan pembacaan sejarah singkat pembentukan Kabupaten PPU oleh ketua tim sukses pemekaran Kabupaten, Harimuddin Rasid.

Dalam sambutannya, Akmal Malik menyatakan bahwa usia 22 tahun PPU telah disertai dengan perubahan yang signifikan, terutama setelah diangkat menjadi ibu kota negara baru, Ibu Kota Nusantara (IKN), oleh Presiden dan Pemerintah.

“Dalam usianya yang ke-22, PPU telah menjadi Serambi Nusantara, daerah sentral dan penyangga IKN,” ucap Akmal Malik.

Tema peringatan Hari Jadi PPU, “Bersama Membangun Serambi Nusantara Menuju Masyarakat Madani”, menurutnya sangat penting seiring dengan kehadiran IKN di wilayah PPU.

“PPU telah menyatakan dirinya sebagai Serambi Nusantara, dan ini merupakan anugerah dan tantangan bagi kita. PPU harus bertransformasi, terutama dalam pembangunan sumber daya manusia,” tambahnya.

Akmal menegaskan bahwa sebagai mitra IKN, PPU harus segera berbenah dan beradaptasi dengan percepatan yang terjadi, serta tidak tertinggal dalam kemajuan dan perkembangan IKN.

Sambutan dari Pj Bupati PPU, Makmur Marbun, juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dalam membangun daerah yang pernah menjadi bagian dari Kabupaten Paser dan kini menjadi bagian dari IKN.

“Kita harus terus memacu diri untuk meningkatkan kinerja dan pengabdian demi kemajuan dan kesejahteraan PPU di masa yang akan datang,” seru Marbun.

Acara peringatan HUT ke-22 PPU tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda PPU, seluruh Camat dan Lurah/Kades se-PPU, pimpinan swasta dan instansi vertikal, parpol dan Ormas, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh wanita, dan pemuda, semakin memperkuat kesan kebersamaan dan komitmen untuk memajukan Kabupaten PPU ke arah yang lebih baik.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!