DPK Kaltim Sebut Inisiasi Gerakan SIAGA

Kepala DPK Kaltim Syafranuddin. (Ist)

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim saat ini telah menginisiasi Gerakan Selamatkan informasi Arsip Keluarga (Siaga).

Gerakan tersebut bertujuan melakukan penyelamatan arsip penting yang dimiliki setiap satuan rumah tangga.

Dengan menggunakan sistem digitalisasi, pihak DPK Kaltim akan menjadi fasilitator penyelamatan arsip keluarga.

Kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafranuddin menyampaikan pihaknya akan membantu masyarakat untuk mengamankan arsip penting yang dimiliki, baik secara pribadi maupun keluarga.

“Dokumen warga tidak perlu disimpan dalam bentuk asli, petugas kearsipan akan melakukan pemindaian (scanner) untuk menyimpannya. Jadi, yang kami simpan bukan dokumen asli, tetapi dalam bentuk pemindaian,” ucap Syafranuddin,  pada Senin (4/12/2023).

Ia melanjutkan, jika suatu saat masyarakat yang telah melakukan penyelamatan arsip tersebut. Memerlukan bentuk fisik dari arsip yang telah di selamatkan melalui scanner.

Pihaknya akan melakukan pencetakan arsip yang telah diselamatkan itu.

“Ketika diperlukan, kami berikan dalam bentuk cetak. Dokumen pemindaian tetap kami simpan,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, meskipun ada teknologi informasi seperti Google Drive untuk menyimpan dokumen pribadi, Gerakan Siaga Arsip memberikan keunggulan dalam hal aksesibilitas.

“Harapannya semuanya dapat merasakan manfaat dari gerakan ini, baik di masyarakat maupun pemerintahan,” harapnya. (Rad/ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!