Dispursip Samarinda Selalu Pantau Setiap OPD Terkait Arsip

Arsiparis Terampil Dispursip Kota Samarinda, Kirana Paraswati. (Ist)

Samarinda – Dinas Perpustakan dan Kearsipan (Dispursip) Kota Samarinda menilai beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Samarinda sudah cukup baik.

Dispursip Kota Samarinda rutin mengadakan pendampingan dan pengawasan dalam bidang kearsipan kepada seluruh OPD di Kota Samarinda yang berjumlah 40 OPD.

Setiap tahunnya Dispursip Kota Samarinda melakukan penilaian atau audit dalam bidang kearsipan. Hal ini bertujuan untuk melihat sejauhmana tertib arsip yang dilaksanakan OPD di Kota Samarinda.

Arsiparis Terampil Dispursip Kota Samarinda, Kirana Paraswati mengatakan sejauh ini kearsipan konvensional pada perangkat-perangkat daerah, sudah cukup baik dan selalu meningkat.

“Dari yang sudah kami awasi. Itu nilainya cukup baik, namun masih ada beberapa yang cukup kurang,” ucap Kirana, pada Kamis (23/11/2023).

Pengelolaan arsip dibeberapa OPD yang telah diaudit dan diawasi pihak Dispursip Kota Samarinda. Ada beberapa OPD yang harus didampingi terus dikarenakan nilainya kurang baik.

“Ada juga yang masih perlu pendampingan lagi,” lanjutnya.

Dispursip Kota Samarinda rutin setahun sekali melakukan penilaian dalam pengelolaan kearsipan di perangkat daerah.

Ia menyampaikan, pihaknya selalu ingin perangkat daerah di Kota Samarinda melakukan tertib arsip dengan baik sesuai dengan peraturan yang ada.

“Harapannya di perangkat daerah di Kota Samarinda dapat selalu meningkatkan nilai audit kearsipannya,” harapnya. (ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!