SMK Labbaika Sambangi DPK Kaltim

Galeri Arsip DPK Kaltim. (Ist)

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK Kaltim) kedatangan 56 siswi dari SMK Labbaika Samarinda.

Dalam kunjungan ini, para siswi belajar mengenai arsip.  Gedung arsip DPK Kaltim memiliki Galeri Arsip yang menyimpan puluhan gambar memorial kolektif bangsa yang tergolong arsip statis. Secara tidak langsung, tempat ini menjadi destinasi wisata edukasi sejarah.

Di antaranya, Galeri Arsip untuk melihat koleksi arsip sejarah di Kaltim.

Rasa ingin tahu yang tinggi serta antusias luar biasa dari siswa SMK TI Labbaika. Para siswa menyelusuri setiap sudut galeri dengan melihat-lihat gambar sejarah Kaltim dan swafoto bersama.

Arsiparis Ahli Muda, Marilah mengungkapkan bahwa Gedung arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim memiliki Galeri Arsip yang menyimpan berbagai gambar yang tergolong arsip statis ini.

“Di sini bisa digunakan untuk wisata sejarah. Jadi kita bisa mengetahui melalui galeri ini,” ungkapnya, Rabu (15/11/23).

Dalam galeri arsip DPK ini menyimpan berbagai gambar sejarah pembangunan di Kaltim sejak abad ke-20 yang menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Kaltim.

“Jadi siapa tahu ada generasi yang mau tahu arsip yang kita punya. Untuk mengulas sejarah zaman dulu,” ujarnya.

“Arsip di sini menceritakan seluruh cerita Kaltim. Jadi kalau ada kunjungan kami punya koleksi foto-foto sejarah,” tambahmya.

Selain itu, dalam galeri arsip ini terdapat juga foto-foto gubernur Kaltim terdahulu seperti APT Pranoto, A. Moeise Hasan, I.A Moeise, Abdul Wahab Sjahranie dan lainnya.

Lebih lanjut, Marila mengatakan galeri Arsip DPK Kaltim terbuka untuk siswa yang berkunjung ke Gedung Arsip DPK Kaltim. (ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!