DPK Kaltim Sebut Banya Arsip dari Nomenklatur

Kearsipan DPK Kaltim simpan arsip dari 50 lembaga  di Kaltim. (Ist)

Samarinda – Simpan arsip dari 50 lembaga di Kaltim. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim ungkap arsip terbanyak dari lembaga yang sudah tidak ada.

Beberapa lembaga yang dirampingkan dan diganti namanya, menjadi penyimpan arsip terbanyak di DPK Kaltim. Sekitar 30 persen lembaga yang saat ini tidak ada, jadi pengisi depo arsip.

Hal ini diungkapkan Arsiparis Ahli Madya DPK Kaltim Risnawati, banyaknya lembaga yang nomenklatur di Kaltim. Harus diselamatkan berkasnya dengan disimpan dalam depo arsip Kaltim.

“Jadi kita juga menyimpan arsip dari lembaga yang sudah tidak ada lagi,” ungkap Risnawati, pada Senin (30/10/2023).

Lembaga yang dimaksud seperti Kawil Penerangan yang berubah jadi Diskominfo, Kanwil Pendidikan, Badan Kearsipan Daerah yang digabung dengan Dinas Perpustakaan, serta 13 lembaga lainnya pada era presiden ke-4.

“Saat ini tersusun rapi arsip lembaga-lembaga itu di sini. Nantinya, itu bakal jadi sejarah atau patokan untuk pemerintah kedepannya,” tuturnya.

Penyimpanan arsip ini dilakukan sebagai bukti informasi dan sejarah, untuk bisa dijadikan pelajaran dan ilmu pengetahuan buat generasi saat ini dan generasi mendatang. (ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!