DPRD Kaltim Ungkap keberadaan Pabrik Smelter Dapat Dongkrak PAD

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun. (Ist)

SamarindaWakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Muhammad Samsun meyakini kehadiran perusahaan Smelter Nikel akan berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan perekonomian daerah.

Samsun mengatakan, hal ini menjadi bukti kuat kepercayaan investor asing,  untuk berinvestasi di bumi Kaltim. Kehadiran smelter nikel sejatinya membutuhkan pasokan listrik yang cukup besar. Namun perusahaan ini tidak memproduksi listrik secara mandiri seperti kebanyakan tempat lain, melainkan menggunakan listrik daerah, dalam hal ini PT PLN Persero. Dari situlah kerjasama sukses terjalin untuk PT PLN Persero.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa kemitraan ini memberikan dampak positif, menghasilkan pendapatan baru bagi perekonomian daerah Kalimantan Timur,” kata Samsun.

Ia pun mengklaim, smelter dalam konteks ini merupakan fasilitas pengolahan pertambangan yang fungsinya untuk meningkatkan kandungan logam seperti nikel. Hal ini untuk memastikan ekstraksi yang dihasilkan memenuhi standar yang dibutuhkan sebagai bahan baku produk akhir.

Artinya, nikel tidak hanya diekspor dalam bentuk mentah, tetapi juga setelah melalui proses peleburan sehingga nilainya meningkat signifikan.

“Saya berharap proyek ini akan terus memberikan manfaat bagi masyarakat lokal dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.” pungkasnya. (Erni/ADV/DPRD Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!