Pelatihan Petugas Sensus Pertanian Digelar, Kepala BPS Harapkan Data-Data Terupdate Kondisi Pertanian

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Kutai Timur (Kutim).
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Sangatta – Sensus akan dilaksanakan pada tangga 1 Juni – 31 Juli secara serentak se Indonesia. Untuk mempersiapkan ini, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar kegiatan Pelatihan Petugas Sensus Pertanian gelombang II di Hotel Royal Victoria, Jum’at (26/5/2023).

Kegiatan dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Kabupaten Kutim, Poniso Suryo Renggono mewakili bupati Kabupaten Kutim. Kegiatan ini diikuti sebanyak 79 orang peserta dari berbagai kecamatan.

Kepala BPS, Ahmad Junaidi menyampaikan bahwa pelatihan ini hanya dilaksanakan sekali dalam 10 tahun. dalam pelatihan ini, petugas akan dibekali konsep, metodologi dan SOP dalam pelaksanaan teknis dilapangan nanti.

“Saya harap,Kepala  setelah ini kita bisa mendapatkan data-data terupdate mengenai kondisi pertanian, khususnya di Kutim,” jelas nya.

Ahmad juga berharap, tak hanya untuk mendapatkan data-data terkait rumah tangga yang bergerak di sektor pertanian, tapi juga di sektor perikanan, peternakan, perkebunan dan kehutanan. Data ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi mengenai komoditi-komiditi secara lengkap untuk bisa dimaksimalkan pemberdayaannya.ADV

Writer: Sekar AiniEditor: Dilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!