Manfaatkan Fasilitas Internet Gratis, Kepala Diskominfo Perstik Ingin Bangun Perpus Digital

Kepala Diskominfo Perstik Kutim, Ery Mulyadi rencanakan perpustakaan digital dengan memanfaatkan internet gratis kutim.
Kepala Diskominfo Perstik Kutim, Ery Mulyadi rencanakan perpustakaan digital dengan memanfaatkan internet gratis kutim.

Sangatta – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik) membuat wacana membangun pusat literasi sebagai salah satu bentuk pemanfaatan fasilitas internet gratis yang ada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Kepala Diskominfo Perstik, Ery Mulyadi menjelaskan pusat literasi ini akan dibangun di setiap kecamatan berupa perpustakaan digital, Senin (22/5/23)

“Nanti akan ada aplikasi yang menyediakan berbagai macam jenis buku yang bisa dipergunakan dari tingkat sekolah sampai tingkat umum, termasuk universitas,” jelasnya.

Masyarakat yang ingin mencari buku melalui aplikasi itu tinggal memasukkan kata kunci atau judul buku yang diinginkan.

“Jenis buku yang diinginkan nanti bisa dikoordinasikan dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), apa-apa saja buku yang dipakai oleh sekolah,” ucap Ery.

Selain itu, Ery menyampaikan bahwa aplikasi berbasis android ini hanya untuk menambah literature. Harapannya hal ini bisa digunakan siswa sekolah maupun mahasiswa untuk menambah referensi selain buku pegangan yang diberikan oleh sekolah.

“Sistemnya akses nya nanti tinggal di scan, kemudian cari buku yang dibutuhkan. Soalnya satu aplikasi ini bisa sampai ribuan judul buku,”terangnya.

Program ini juga merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Diskominfo, Disdikbud dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK).ADV

Writer: Sekar AiniEditor: Dilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!