Miliki Potensi Wisata yang Tersembunyi, Teluk Pandan dan Puncak Sebatik Berikan Pengalaman Camp yang Menyenangkan

Kecamatan Teluk Pandan menyajikan potensi alamnya yang masih terjaga keasriannya.
Kecamatan Teluk Pandan menyajikan potensi alamnya yang masih terjaga keasriannya.

SANGATTA – Daerah awal yang ditemui sebelum ke ibukota Kabupaten Kutai Timur Sangatta yakni Kecamatan Teluk Pandan menyajikan potensi alamnya yang masih terjaga keasriannya.

Salah satu yang ada Desa Sukadamai terdapat sebuah puncak dengan ketinggian kurang lebih 500 meter di atas permukaan laut (MDPL) yang dinamakan Puncak Sebatik.

“Daerah ini memiliki panorama yang indah dan bisa dijadikan tempat terbaik buat lokasi camping untuk penikmat alam yang tidak mempunyai banyak waktu ke daerah pedalaman kawasan ini diapit oleh beberapa tambang batu timbun hingga perkebunan milik petani,” ujar Novita salah seorang pengunjung.

Ya bercerita tidak perlu banyak waktu untuk sampai ke puncak pengunjung dapat melalui dua jalur. Untuk jalur pertama bisa melalui Jalan Gunung Batu jaraknya kurang lebih 15 KM setelah di jalur jalan Samarinda Bontang dan ada plang bertuliskan jalur puncak Goa sebatik.

“Pengunjung bisa menggunakan kendaraan motor dan hanya menempuh waktu selama 20 menit melintasi Jalan setapak tanah. Dan akan melewati kebun sawit kemudian kebun sayur” paparnya.

Setelah itu motor di parkir di area bawah, pengunjung berjalan selama 30 menit melewati semak belukar namun indah dilihat layaknya hamparan Savana.

Dilanjutkan melewati hutan belantara, perjalanan terus mendaki hingga ke puncak sebatik, jalur ini penuh sensasi bagi traveller yang suka tantangan di setiap perjalanannya.

Jalur kedua, hanya kurang lebih 30 menit pengunjung dapat sampai ke puncak sebatikhanya kurang lebih 30 menit pengunjung dapat sampai ke puncak sebatik dengan kendaraan bermotor, tanpa harus tracking.

Jalur ini bisa melewati jalan wisata yang ada di sisi sebelah kanan Jalan Poros Bontang Samarinda.

“Namun sebelum melewati jalur tersebut pastikan kendaraan motor dalam kondisi baik-baik saja mesin dan rem kendaraan Karena jalur ini sangat berbahaya untuk pengendara pemula jalur jalan belum beraspal dan kontur menanjak,” jelasnya.

Akan tetapi Selama perjalanan akan melewati perkampungan penduduk, kebun, dan hutan belantara. Pemandangan alam disuguhkan di sepanjang jalur pendakian puncak sebatik.

Ketika sampai di puncak ada beberapa bangunan pondok Kecil Untuk berteduh yang disediakan bagi pengunjung yang tidak bermalam. Pondok ini dibangun oleh warga sekitar puncak sebatik salah satunya bernama Ferry (45).

“Beliau berinovasi membuat lokasi puncak sebatik semakin nyaman untuk penikmat sunset (matahari terbenam) dan sunrise (matahari terbit),” ucapnya.

Puncak sebatik sebenarnya mempunyai potensi besar bila dikembangkan menjadi destinasi alam karena di sekitar puncaknya terdapat beberapa Goa dan air terjun yang tak kalah indahnya.

Namun untuk tracking menuju Goa dan air terjun belum dibuka karena belum ada akses jalannya menuju ke sana.

Writer: Sekar AiniEditor: Dilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!