Sultan Nur Hidayatullah, Pemuda Inspiratif Pendiri Bidfish.id yang Mendorong Ekonomi Biru

Sultan Nur Hidayatullah
Sultan Nur Hidayatullah

Balikpapan – Menelurkan kesuksesan dan inspirasi di dunia kewirausahaan, Sultan Nur Hidayatullah, pemuda berusia 28 tahun kelahiran Ujung Pandang tahun 1995, kini menjadi sosok inspiratif di Kota Balikpapan. Mempelajari jejak migrasi orang tuanya, Sultan membesar dan mengejar pendidikan di Balikpapan.

Namun, perjalanannya sebagai penggerak kewirausahaan di kota ini hanya sebagian kecil dari misi besar Sultan. Ia bertekad membangun kolaborasi kreatif dengan sumber daya manusia (SDM) utama, para pemuda, di berbagai bidang seperti gerakan sosial hingga isu-isu kemanusiaan.

Paham akan potensi kelautan Indonesia, Sultan memutuskan untuk memfokuskan energi dan visinya dengan mendirikan startup. Tepatnya pada tahun 2022, Bidfish.id lahir sebagai startup lelang ikan digital yang menghubungkan supplier potensial dengan pembeli perikanan di seluruh Indonesia.

Keberhasilan Bidfish.id tak terlepas dari pengalaman dan dedikasi Sultan bersama rekan-rekannya yang telah merambah dunia perikanan sejak 2019. Mereka terlibat dalam sektor perikanan tradisional, seperti pengelolaan tambak, ekspor-impor, hingga investasi perikanan.

Misi mereka dimulai dari rasa keresahan di kalangan pengusaha perikanan yang memiliki kolam ikan. Mereka ingin memajukan dunia perikanan, dan pada tahun 2022, mengambil langkah lebih lanjut dengan memasuki ranah pelelangan ikan online. Sultan percaya bahwa Indonesia bisa menjadi kekuatan besar di dunia sejajar dengan negara-negara besar lainnya melalui konsep ekonomi biru.

“Satu program ekonomi biru yang kami geluti adalah kemampuan mengelola produk-produk laut secara seimbang dengan memperhatikan nasib pelaku penangkap, penjual, hingga konsumen,” papar Sultan.

Bidfish.id bukan sekadar startup biasa. Model bisnisnya memanfaatkan 30-40 persen digitalisasi dan 60-70 persen efisiensi bisnis di lapangan. Cabang-cabang daerah dilibatkan sebagai mitra untuk memvalidasi setiap produk yang dikelola oleh Bidfish.id.

Sultan menyakini bahwa Bidfish.id memiliki potensi daya saing yang kuat, baik di pasar domestik maupun internasional. Dengan konsep marketplace dan lelang, Bidfish.id menjadi solusi inovatif dalam menjembatani supplier dan pembeli, memecahkan berbagai masalah seperti jangkauan pasar, kepercayaan, dan pembayaran.

Dalam mengakui lika-liku perjalanan startup, Sultan Nur Hidayatullah mengajak teman-temannya untuk memiliki komunitas yang dapat memberikan dukungan langsung pada bisnis. Berbekal ilmu dan dukungan dari komunitas Tangan Di Atas (TDA), Sultan dan rekan-rekannya berhasil membangun Bidfish.id tanpa harus memiliki privilege khusus.

“Keberhasilan tidak selalu mulus, dan memiliki komunitas dapat menguatkan, mengingatkan, bahkan mensupport bisnis kita secara langsung,” ujar Sultan.

Dengan Bidfish.id, Sultan Nur Hidayatullah bukan hanya menginspirasi dalam dunia bisnis, tetapi juga memberikan dorongan positif bagi para pemuda Indonesia untuk berani bermimpi, berwirausaha, dan berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!