Peningkatan Kemampuan Tenaga Kerja Lokal Kutai Timur

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang
Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang

Sangatta – Kabupaten Kutai Timur terus memberikan perhatian serius terhadap peningkatan kemampuan tenaga kerja lokal sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Langkah-langkah konkret telah diambil untuk memberikan pelatihan, sertifikasi, dan kesempatan kerja yang lebih baik bagi penduduk setempat.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang, menggarisbawahi pentingnya inisiatif ini.

Beliau menyatakan, “Kami memiliki komitmen yang kuat untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal kami agar mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Upaya ini memiliki dampak positif bagi penduduk dan pertumbuhan ekonomi wilayah kami.”

Program pelatihan yang diberikan oleh pemerintah Kutai Timur mencakup berbagai sektor industri, termasuk pelatihan mekanik alat berat, sertifikasi berbagai profesi, pelatihan desain grafis, menjahit, servis AC, dan banyak keterampilan lainnya yang sangat dibutuhkan di dunia kerja saat ini.

Selain itu, pemerintah berkolaborasi dengan berbagai lembaga pelatihan kerja (LPK) untuk memastikan pelatihan yang diberikan sesuai dengan standar yang diakui.

Ini membantu memastikan bahwa lulusan pelatihan memiliki keterampilan yang diinginkan oleh industri.

Selain pelatihan keterampilan, pemerintah juga mengutamakan sertifikasi tenaga kerja.

Sertifikasi nasional menjadi landasan yang kuat untuk memastikan bahwa tenaga kerja lokal memiliki kualifikasi yang diakui secara nasional.

Piter Buyang menegaskan, “Pemerintah Kutai Timur melihat pelatihan dan sertifikasi sebagai langkah kunci untuk meningkatkan kemampuan tenaga kerja lokal. Ini membantu mereka bersaing dengan tenaga kerja dari luar dan memenuhi kebutuhan industri yang semakin kompleks.”

Dalam upaya memenuhi target ambisius menyerap 50.000 tenaga kerja selama periode tertentu, program pelatihan dan sertifikasi terus berkembang dan mencapai hasil yang positif.

Hingga September 2023, lebih dari 41.000 tenaga kerja telah terserap dalam berbagai program pelatihan.

Peningkatan kemampuan tenaga kerja lokal di Kutai Timur tidak hanya meningkatkan prospek karir penduduk setempat tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan wilayah secara keseluruhan.

Langkah-langkah ini menciptakan peluang yang lebih baik bagi masyarakat lokal dan berkontribusi pada pemenuhan tenaga kerja yang berkualitas.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!