Pemkab Kutim Siap Menunjang Kelayakan Fasilitas Pulau Miang Sebagai Desa Wisata

Pemerintah Kabupaten Kabupaten kutai timur Ardiansyah sulaiyman menghadiri acara penutupan Festival Kampung Bahari Nusantara yang diselenggarakan di Dermaga Pulau Miang, Sangkulirang, Sabtu (17/6/2023).
Pemerintah Kabupaten Kabupaten kutai timur Ardiansyah sulaiyman menghadiri acara penutupan Festival Kampung Bahari Nusantara yang diselenggarakan di Dermaga Pulau Miang, Sangkulirang, Sabtu (17/6/2023).

Sangatta – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) menghadiri acara penutupan Festival Kampung Bahari Nusantara (KBN) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pulau Miang ke-18 tahun yang diselenggarakan di Dermaga Pulau Miang, Sangkulirang, Sabtu (17/6/2023).

Secara resmi, Bupati Kabupaten Kutim Ardiansyah Sulaiman menutup kegiatan tersebut yang turut disaksikan oleh beberapa tamu undangan beberapa Dinas terkait yaitu Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Nurullah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Yuriansyah, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Andi Nurhadi Putra, Kepala Bagian Protokol dan komunikasi Basuki Isnawan, Ketua TP PKK Kabupaten Kutim Ny Siti Robiah Ardiansyah, Kepala Desa (Kades) Pulau Miang Alimuddin Daud dan Forkopimcam.

“Sebelumnya, saya ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas tercapainya julukan sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang diberikan kepada Pulau Miang oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin bulan lalu,” ungkap Ardiansyah dalam pada kesempatan tersebut.

Menurut Ardiansyah, pemberian julukan tersebut berdasarkan keindahan alam dari Pulau Miang sekaligus sebagai destinasi wisata andalan di Kutim. Ia meminta kepada seluruh masyarakat Pulau Miang untuk tetap menjaga kelestarian alam terutama hutan mangrove yang ada di pulau tersebut.

“Hal ini sejalan dengan program pemerintah sekaligus melengkapi fasilitas-fasilitas penunjang agar Pulau Miang ini layak sebagai Desa Wisata sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat yang ada, khususnya para pelaku UMKM,” lanjutnya.

Selain itu, Ardiansyaha mengatakan penunjangan fasilitas tersebut diadakan dalam rangka persiapan kegiatan lomba memancing internasional yang akan diadakan di Pulau Miang pada bulan Oktober mendatang. Ia menyatakan bahwa pemerintah akan terus memperjuangkan Pulau Miang sebagai destinasi terkenal di Kutim.

“Nanti akan dibuatkan kertak ulin bagi para pengunjung yang datang, sehingga dapat mengelilingi pulau eksotis nan indah ini,” ucap Ardiansyah.

Terakhir, Ardiansyah mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Pulau Miang atas dedikasinya dalam mengangkat Desa tersebut menjadi Desa Wisata.ADV

Writer: DimasEditor: Dila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!