Ciptakan Transparasi Pemerintah Kepada Masyarakat, Diskominfo Kutim Gelar Bimtek Pengelolaan SP4N LAPOR

Pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) oleh Zubair, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kutim, di Hotel Marcure, Samarinda.
Pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) oleh Zubair, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kutim, di Hotel Marcure, Samarinda.

Sangatta – Dalam rangka implementasi peningkatan Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE), Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Perstik) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Ruang Ballroom I Marcure, Samarinda, Senin (29/5/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 39 Perangkat Daerah dari 18 Kecamatan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dan dibuka secara resmi oleh Zubair, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kutim.

Pada kesempatan itu, Zubair menyampaikan bahwa dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan program dan kinerja pemerintah, aplikasi SP4N LAPOR menjadi sarana sebagai kanal pengaduan pelayanan publik yang integratif secara berjenjang dari daerah sampai ke pusat.

Aplikasi ini dikelola bersama-sama oleh Kantor Staf Presiden (KSP), Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), dan Ombudsman Republik Indonesia, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemeninfo).

Menurut Zubair, tujuan dari pengelolaan aplikasi ini adalah menciptakan transparasi penyelenggaraan pemerintah kepada masyarakat. Sehingga, Ia berharap setiap instansi pemerintah dapat tersambung dengan aplikasi ini dan mengelolanya dengan sungguh-sungguh.

“Pengelolaan pengaduan ini sebagai sarana perbaikan layanan publik, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dasar pengambilan keputusan dan kebijakan serta mengawal akuntabilitas pemerintah,” jelasnya.

Zubair berharap, kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan SP4N LAPOR berjalan dengan lancar dan sukses, yang akhirnya menghasilkan SDM yang berkualitas sehingga mampu meningkatkan sistem pelayanan lebih baik.ADV

Writer: DimasEditor: Dilla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!