Ingin Wujudkan Lingkungan Kondusif Jelang Pemilu Serentak 2024, Poniso : Ormas dan Pemerintah Harus Bersinergi

Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Suksesnya Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Kegiatan tersebut digelar di ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, Rabu (24/5/2023).
Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Suksesnya Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Kegiatan tersebut digelar di ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, Rabu (24/5/2023).

Sangatta – Dalam rangka pemberdayaan dan penguatan peran masyarakat dalam memperkuat terwujudnya lingkungan yang kondusif menjelang pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kutim.

Kegiatan tersebut digelar di ruang Meranti Kantor Bupati Kutim dengan tema kegiatan ‘Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Suksesnya Pemilu dan Pilkada Serentak 2024’, Rabu (24/5/2023).

“Masyarakat merupakan unsur utama yang menentukan keberhasilan suatu pemerintahan pada sistem demokrasi,” ucap Poniso Suryo Renggono, Asisten I Pemerintah Umum dan Kesra Setkab Kutim Dalam kesempatannya memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara tersebut.

Dalam sambutannya, Poniso mengatakan bahwa partisipasi politik dapat dijadikan sebagai salah satu parameter dalam penilaian tingkat demokrasi di sebuah daerah, semakin tinggi partisipasi politik dalam masyarakat dapat menunjukkan kondisi demokrasi yang berkualitas.

“Jika partisipasi politik masyarakat rendah hal tersebut dapat menunjukkan apatisme dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap sistem pemerintahan,” lanjutnya.

Poniso menambahkan bahwa organisasi kemasyarakatan mempunyai peran penting dalam membantu menginformasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat umum serta meluruskan berita hoax yang beredar di kalangan masyarakat.

“Harapannya sinergisitas Ormas dengan pemerintah serta seluruh komponen masyarakat dapat mendeteksi secara dini permasalahan-permasalahan yang timbul untuk dapat segera di atasi sehingga masyarakat dapat beraktivitas dan berkarya secara optimal tanpa gangguan,” tutupnya.ADV

Writer: DimasEditor: Dila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!