Mengoptimalkan Potensi Wilayah: Kukar Berperan Aktif dalam Pembangunan IKN

Kukar – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono, turut hadir dalam Forum Group Discussion (FGD) Pembangunan dan Tata Kelola Ibu Kota Negara (IKN), di Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Timur. Acara yang digelar pada Kamis (7/3/23) tersebut menjadi platform bagi Kukar untuk menyuarakan harapan dan kontribusinya terhadap pembangunan IKN.

Wilayah Kukar, yang termasuk dalam delineasi IKN, meliputi sejumlah kecamatan seperti Loa Kulu, Loa Janan, Samboja, Sanga Sanga, Muara Jawa, dan Samboja Barat, kecamatan baru yang dimekarkan pada tahun 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Sunggono menyampaikan harapan Pemerintah Kabupaten Kukar agar pemindahan IKN akan membawa perubahan yang lebih baik bagi kesejahteraan rakyat. Dengan statusnya sebagai Mitra IKN, Kukar berharap dapat bersinergi dan berkembang seiring dengan terwujudnya IKN.

“Pemerintah daerah melakukan pengembangan yang disesuaikan pada wilayahnya masing-masing,” ungkap Sunggono.

Kukar telah menetapkan kebijakan menyambut IKN, termasuk penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang mengacu pada kebijakan pembangunan IKN. Selain itu, infrastruktur wilayah juga menjadi fokus, dengan pengembangan jaringan jalan menuju IKN.

“Pengembangan SDM tenaga kerja juga menjadi prioritas, dengan perencanaan pembangunan pusat-pusat pelatihan tenaga kerja sesuai potensi lapangan kerja lokal,” tambahnya.

Sunggono menegaskan bahwa Kukar siap mendukung segala proses pembangunan IKN secara sinergi dan terintegrasi.

“Proses pembangunan IKN harus diikuti dengan pembangunan wilayah sekitar IKN,” pungkasnya.

Dengan keterlibatan aktif dan komitmen dalam forum ini, Kukar menunjukkan keseriusannya dalam mengoptimalkan potensi wilayahnya serta mendukung visi pembangunan nasional melalui pembangunan IKN.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!