Kutai Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) menunjukkan hasil positif dalam pelayanan publik dengan meraih peringkat ke-6 Indeks Pelayanan Publik tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Meski prestasi ini diapresiasi, pemerintah daerah tetap berupaya meningkatkan kualitas layanan di berbagai sektor.
Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Timur, Herwin, menyatakan bahwa pencapaian ini mencerminkan upaya Pemkab dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.
“Peringkat ini menunjukkan kemajuan kita. Saat ini, kepatuhan Indeks Layanan Publik di Ombudsman telah mencapai nilai B, yang mengindikasikan aktivitas pelayanan kita cukup baik,” ujar Herwin, Rabu (20/11/2024).
Herwin menegaskan bahwa Pemkab Kutim tidak berpuas diri dengan hasil ini. Salah satu prioritas utama yang akan ditingkatkan adalah sektor pendidikan, yang menjadi bagian penting dalam penilaian pelayanan publik.
“Kita perlu fokus pada sektor-sektor strategis, seperti pendidikan, yang menjadi perhatian utama dalam penilaian lokal maupun nasional,” jelasnya.
Selain pendidikan, Herwin menyebut ada beberapa aspek lain dalam pelayanan publik yang masih memerlukan pembenahan agar dapat memenuhi harapan masyarakat secara lebih optimal.
“Capaian ini bukan sekadar angka, tetapi komitmen kita untuk terus bergerak maju dalam memberikan pelayanan yang terbaik,” pungkasnya.ADV