Dishub Samarinda Usulkan Solusi Cerdas untuk Atasi Pencurian Kabel Lampu Jalan

Samarinda – Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda menghadapi tantangan serius terkait pencurian kabel Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU), yang tidak hanya mengganggu kenyamanan masyarakat, tetapi juga menguras anggaran restorasi infrastruktur. Namun, Dishub tidak tinggal diam dan mengusulkan solusi cerdas untuk mengatasi masalah ini.

Kepala Dishub Kota Samarinda, Hotmarulitua Manalu, menjelaskan bahwa pencurian kabel LPJU telah mengalami peningkatan dan telah berhasil diungkap dengan berhasilnya penangkapan beberapa pelaku.

“Kami sangat mengapresiasi kerja cepat pihak kepolisian dalam mengungkap kasus ini,” ujarnya.

Menyikapi masalah ini, Dishub tidak hanya fokus pada penanganan jangka pendek, tetapi juga merancang solusi jangka panjang dengan mengusulkan penerapan sistem kabel tanam.

“Kami menyadari bahwa penggunaan kabel tanam memerlukan biaya yang tidak sedikit, tetapi hal ini akan menjadi investasi jangka panjang untuk mencegah pencurian di masa depan,” tambahnya.

Selain itu, Dishub juga merencanakan revitalisasi infrastruktur jalan dengan memperbarui model kabel dan tiang penyangga, sehingga membuat pencurian menjadi lebih sulit dilakukan.

“Sekaligus, kami mengimbau masyarakat untuk melaporkan tindakan mencurigakan terkait pencurian LPJU dan berhati-hati saat melintasi jalan yang gelap untuk mencegah tindakan kejahatan lainnya,” jelas Manalu.

Dengan langkah-langkah proaktif ini, Dishub Samarinda bertekad untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat serta menjaga fasilitas publik dari tindakan kriminal.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!