DPMPD Kaltim Bakal Bangun Ruang Arsip

Sekertaris DPMPD Kaltim, Eka Kurniati. (Ist)

Samarinda – Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kalimantan Timur (Kaltim) Eka Kurniati menyebutkan bahwa pihaknya sedang membangun ruang arsip guna  menyimpan seluruh berkas penting. 

Ruang arsip yang tengah dibangun menurutnya sudah sesuai dengan peraturan dan standar, terlebih ruang arsip tersebut akan dibangun di gedung baru DPMPD yang terletak di Jalan MT Hariyono, Kota Samarinda. Namun saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Ia menilai ruang arsip yang memadai dan sesuai dengan standar sangat penting untuk menjaga keutuhan dan keamanan arsip. Sehingga ruang arsip ini akan menyimpan dokumen dan arsip penting milik DPMPD.  “Kami kan lagi ngungsi. Kantor kami yang baru di MT Hariyono. Kami mau buat ruang arsip di situ,” ungkapnya, Senin (4/12/2023).

Tak hanya itu, pembangunan ruang arsip tersebut sebagai salah satu upaya DPMPD Kaltim dalam pengelolaan arsip. Maka dari itu sangatlah penting untuk ruang arsip yang standar dan sudah sesuai dengan peraturan.

  “Harapannya pengelolaan arsip di instansi ini dapat lebih tertata dengan rapi, karena nanti akan memudahkan kami untuk melakukan pemusnahan arsip secara berkala,” tuturnya. 

Sementara itu, Eka menegaskan pemusnahan arsip yang dilakukan oleh pihaknya tidak sembarangan. Arsip yang dimusnahkan harus memenuhi beberapa prosedur yang sesuai, termasuk berkoordinasi dengan DPK Kaltim selaku pendamping.

“Arsip-arsip yang di hanguskan kami izin dulu bukan sembarang apalagi keuangan ada SK nya,” pungkasnya. (ADV/Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!