Dispar Kaltim Targetkan Pengadaan Standar Record Center

Gedung Dinas Pariwisata Kaltim

Samarinda – Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur (Kaltim) tengah melakukan berbagai upaya untuk memenuhi standar Record Center, terutama terkait pengelolaan record jenis arsip inaktif atau permanent file.

Arsiparis Terampil Dispar Kaltim Gharin, menjelaskan bahwa saat ini Record Center yang dimiliki belum sepenuhnya terorganisir.

“Kami memiliki Record Center, tapi masih belum tertata,” ungkap Gharin, Senin (4/12/2023).

Menurutnya, ruangan yang digunakan sebagai Record Center belum memenuhi standar yang diinginkan, sehingga perlu dilakukan peningkatan fasilitas.

“AC sudah ada, tapi untuk tabung pemadam kebakaran (fire extinguisher) itu belum ada,” lanjut Gharin.

Ia berpendapat, keselamatan dan keamanan merupakan faktor utama dalam pengelolaan arsip, dan keberadaan fasilitas pemadam kebakaran menjadi salah satu aspek penting yang masih perlu diperhatikan.

Gharin menjelaskan bahwa saat ini Dispar Kaltim sedang dalam proses pengadaan rak arsip dan box arsip karena fasilitas tersebut masih minim.

Ia pun berharap, agar tahun depan dapat dipenuhi fasilitas kebutuhan Record Center. Guna upaya peningkatan menghimpun arsip.

“Saya berharap agar kedepannya fasilitas untuk pengelolaan arsip bisa lebih lengkap, supaya kita bisa lebih mudah menemukan kembali arsip yang diperlukan sewaktu-waktu,” harapnya.

[ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!