SMKN 3 Balikpapan Belajar Sejarah di DPK Kaltim

foto bersama Siswi SMK Negeri 3 Balikpapan. (Ist)

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK ) Kalimantan Timur (Kaltim) menerima kunjungan belajar dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Balikpapan, di Aula Kearsipan l, lantai 2, Gedung DPK Kaltkm, Samarinda Seberang, pada Kamis, (16/11/2023) pagi.

DPK Kaltim selain sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan baca dan mengelola arsip. Juga memberikan pelayanan terbuka, bagi anak didik yang sedang dalam proses belajar.

Waktu ini, pihak SMK Negeri 3 Balikpapan memprogramkan kunjungan belajar ke DPK Kaltim, yang diperuntukkan kepada siswa siswi kelas XI Jurusan Manajemen Perkantoran.

Menurut Guru Produktif SMK Negeri 3 Rahmatullah, bahwa kunjungan yang dilakukan pihaknya tersebut adalah bentuk program dari sekolah. Dengan target para siswa siswi dapat memahami sebuat substansi dari sebuah arsip.

“Ini adalah salah satu progker dari jurusan terutama perkantoran. Bahwa kunjungan ini adalah salah satu kegiatan menambah keilmuan yang sesuai dengan jurusan perkantoran,” ungkapnya Rahmatullah.

Ia mengungkapkan, bahwa DPK Kalgim merupakan salah satu destinasi yang menjadi tujuan untuk menambah wawasan siswa siswi terkait kearsipan.

“Karena ini bermanfaat untuk mereka. Makanya kami memilih tempat di arsip ini sebagai sarana untuk menimba ilmu bagi mereka,” ujarnya guru SMK Negeri 3 tersebut.

Ia melanjutkan, bahwa pihaknya pernah melaksanakan program serupa pada tahun 2017 dan 2018. Yang mana kunjungan belajar tersebut menjadi proker sekolah tiap tahunnya. Namun sayang, ditahun berikutnya mengalami kendala akibat fenomena Covid-19.

“Kegiatan ini pernah vakum, tidak ada kegiatan sampai tahun 2022. Dan di tahun 2023 telah disetuju oleh pimpinan kepala sekolah kita, sehingga bisa melaksanakan kunjungan industri ini,” imbuhnya guru produktif tersebut.

Diketahui, bahwa pihak SMK Negeri 3 Balikpapan, telah memberangkatkan siswa siswi sebanyak 104 orang dari 3 kelas, yang diperuntukkan kepada kelas XI Manajemen Perkantoran. Serta didampingi oleh guru sebanyak 10 orang yang terdiri dari 6 guru produktif dan 4 guru umum.

Rahmatullah pun berharap, segala bentuk pembelajaran yang diterima siswa siswi saat di sekolah dan kunjungan, daoat diimplememtasikan secara nyata di kehidupan sehari-hati mereka.

“Saya berharap buat anak-anak terutama, setelah kunjungan ini mereka harus terus menambah pengetahuannya tentang kearsipan secara real. Agar ketika kerja nanti tidak canggung dengan kearsipan,” pungkasnya. (ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!