Gelar Rakernas Kearsipan 2024, DPK Kaltim Jadi Tuan Rumah

Kepala DPK Kaltim Taufik. (Ist)

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Timur (DPK Kaltim), mendapat kesempatan menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kearsipan. Hal tersebut menjadi ajang guna peningkatan kualitas benua etam dalam tata kelola arsip.

Hari Kearsipan Nasional mesti diperingati setiap tahun. Sebagai momentum refleksi negara untuk kembali berkomitmen, berkolaborasi serta bekerja keras guna meningkatkan mutu penyelenggaraan, pelayanan, serta pelestarian kearsipan secara komprehensif, terpadu dan berkualitas.

Hari Kearsipan Nasional 2024, akan digelar di benua etam sebagai tuan rumah sesuai keputusan Rakernas di Banyuwangi tahun 2023. Oleh karenanya, pihak DPK Kaltim akan berupaya mensukseskan dan meramaikan acara tersebut.

“Itu sebenarnya bukan Hari Arsip Nasional, tapi lebih kepada merupakan Rakernas Kearsipan. Yang kebetulan tuan rumahnya Kaltim, yang telah disepakati waktu Rakernas kearsipan di Banyuwangi Jawa Timur kamaren,” ungkapnya, Kamis (16/11/2023).

Ia menuturkan, dalam Rakernas Kearsipan nanti akan diselenggarakannya rapat besar. Guna membahas segala aspek penting, untuk meningkatkan kualitas dan menambah wawasan setiap lembaga kearsipan. Seperti kebijakan baru, perkembangan lembaga arsip, dan penggunaan Srikandi.

“Yang dirapatkan nanti lebih kepada pemberian materi kebijakan tentang kearsipan dari ANRI,” ucapnya Taufik.

Sebagai Plh Kepala DPK Kaltim, ia berharap, agar persiapan yang tengah diupayakan pihaknya untuk Hari Kearsipan Nasional 2024 dapat dimeriahkan dan berjalan dengan lancar.

“Dukungan anggaran sudah di alokasikan, kemudian pembentukan tim organizing komitenya ini sedang disusun sk-nya,” bebernya.

Diketahui, anggaran yang dialokasikan Kaltim kurang lebih sebesar 2,3 miliar. Direncanakan juga, bahwa Hari Kearsipan Nasional 2024 sekaligus Rakernas, akan dihelat di Samarinda Convention Hall. (ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!