Alfian Aswad Dorong Pembangunan Infrastruktur dan Kesejahteraan Nelayan

Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Alfian Aswad
Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Alfian Aswad

Sangatta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Alfian Aswad mengungkapkan keprihatinan terhadap kondisi infrastruktur jalan dan drainase di beberapa wilayah Kutai Timur yang berada di tebing seperti Sangkulirang, Kecamatan Kaliorang, Kaubun, Karangan, dan Sandaran.

“Infrastruktur jalan dan drainase masih menjadi isu utama di beberapa daerah kami. Daerah tebing seperti Sangkulirang dan wilayah-wilayah sekitarnya membutuhkan perhatian lebih dalam pembenahan infrastruktur ini,” ungkap Alfian.

Kendati demikian, Alfian Aswad juga menyoroti potensi yang ada di wilayah ini, khususnya di sektor perikanan.

“Potensi besar dalam sektor perikanan karena memiliki perairan laut yang luas dan berbatasan dengan zona HALKI II. Namun, masih ada beberapa tantangan yang dihadapi, seperti tingginya harga bahan bakar minyak (BBM),” paparnya.

Terkait dengan kebutuhan nelayan, Alfian menjelaskan saat ini kita sudah memiliki BPJS untuk ketenagakerjaan nelayan, tetapi masih ada beberapa masalah yang harus diatasi, seperti dampak perubahan iklim El Niño yang mempengaruhi pendapatan nelayan karena tingginya gelombang laut.

“Mereka terbatas hanya dapat mencari ikan di muara sungai,” imbuhnya

Alfian juga menyampaikan keinginan untuk memberikan bantuan dalam bentuk brojong atau pemecah gelombang, untuk mendukung keberlanjutan nelayan. Namun, ada beberapa aturan yang menghambat bantuan ini.

“Kami ingin mengarahkan bantuan kepada nelayan, tetapi terkadang aturan yang ada menjadi kendala. Semoga pemerintah dapat memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan nelayan kami,” harapnya

Mengakhiri pernyataannya, Alfian menekankan pentingnya mendengarkan suara nelayan dan mencari solusi yang sesuai untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Nelayan kami memiliki keterbatasan dan kami harus mencari cara untuk membantu mereka melewati tantangan yang mereka hadapi,” tandasnya.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!