Arsip Dapat Dijadikan Alat Bukti Selamat dari Jeratan Pidana

Pengenalan Arsip. (Ist)

Samarinda – Plh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur (Kaltim) Taufik, mengatakan bahwa arsip memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam menyelamatkan orang dari hukum.

“Pada tahun 90-an, salah satu kasus perencanaan di OPD di Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terjerat dengan kasus terkait pengadaan barang jasa, khususnya pembangunan konstruksi,” ujar Taufik.

“Pada saat itu pengumuman paket-paket yang akan dilelang harus diumumkan di koran. Saat itu baru ada koran Manuntung. Ketika dibawa ke pengadilan, pak kasubag ini hampir kalah, gara-gara jaksanya menuntut ada bukti bahwa paket itu diumumkan,” lanjut Taufik.

“Sementara koran itu sudah lama dan mereka tidak kliping, tidak simpan baik-baik. Artinya tidak ada arsip yang membuktikan itu,” kata Taufik.

Taufik menjelaskan, jaksa penuntut umum memberikan kesempatan kepada kasubag tersebut untuk menyiapkan dokumen arsip selama dua hari untuk membuktikan bahwa paket itu pernah diumumkan di koran Manuntung.

“Karena tidak punya arsip, kasubag tersebut lari ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Di perpustakaan dan kearsipan, setiap surat kabar yang terbit lokal milik Kalimantan Timur itu dibundel,” ujar Taufik.

“Alhamdulillah luar biasa, pengumuman itu ada di salah satu koran yang kita koleksi. Akhirnya dari kejadian ini karena arsipnya tertata dengan baik, dan itu di lembaga kearsipan, terselamatkanlah dia dari tuntutan jaksa. Jadi arsip menyelamatkan yang bersangkutan,” kata Taufik.

Taufik mengatakan, kasus tersebut menjadi bukti bahwa arsip memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Arsip dapat digunakan sebagai alat bukti, sumber informasi, dan pengingat sejarah.

“Arsip dapat menjadi alat bukti yang kuat untuk mendukung suatu perkara. Arsip juga dapat digunakan sebagai sumber informasi untuk berbagai keperluan,” kata Taufik.

Arsip juga ia sebut dapat menjadi pengingat sejarah. Arsip dapat membantu kita untuk memahami peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di masa lalu. (ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!