Rambu Eliminasi Bebas Tambang, DPRD Kutim Dorong Persiapan

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kutai Timur, David Rante
Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kutai Timur, David Rante

Sangatta – Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Kutai Timur, David Rante, menanggapi rencana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas) mengenai eliminasi sektor tambang di seluruh wilayah.

Menyadari pentingnya merespons tanda awal ini, DPRD Kutai Timur mendorong pemerintah mulai fokus pada stimulasi sumber-sumber pendapatan alternatif agar dapat menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang kuat.

“Prediksi eliminasi tambang oleh Bapenas menjadi sinyal awal yang memerlukan perhatian serius. Kami berkomitmen untuk mendorong persiapan yang matang agar pendapatan daerah tidak tergerus ketika sektor pertambangan dieliminasi. Proses penyusunan RPJMD menjadi momentum penting untuk melibatkan semua pihak dalam mencari solusi,” ungkap David Rante dalam wawancaranya.

Rante menekankan perlunya melibatkan semua stakeholder dalam menentukan langkah-langkah strategis. Stimulasi sumber-sumber pendapatan alternatif perlu melibatkan partisipasi aktif masyarakat dan pihak terkait.

Dalam konteks ini, DPRD Kutai Timur berfokus pada sektor-sektor yang dapat menjadi penopang ekonomi di masa depan. Rante menegaskan perlunya diversifikasi ekonomi agar daerah ini tidak terlalu bergantung pada sektor pertambangan.

“Eliminasi tambang bukan akhir dari pembangunan, melainkan awal untuk menciptakan model ekonomi yang berkelanjutan. Melalui kolaborasi dan pemahaman bersama, kita dapat menciptakan RPJMD yang mengakomodir keberagaman sektor dan memastikan pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” tutup David Rante.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!