Dispursip Samarinda Rencanakan Pendampingan Kearsipan

Arsiparis Dispursip Kota Samarinda, Kirana Paraswari. (Ist)

Samarinda – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kota Samarinda melakukan pendampingan khusu, kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, dalam pengelolaan kearsipan.

Hasil nilai audit kearsipan OPD di Kota Samarinda yang dilaksanakan Dispursip Kota Samarinda, masih kurang memuaskan.

Kendati tiap tahunnya tertib arsip selalu disosialisasikan pihak Dispursip Kota Samarinda namun masih banyak OPD yang mendapatkan nilai yang kurang.

Arsiparis Terampil Dispursip Kota Samarinda, Kirana Paraswari mengungkapkan beberapa kali pihaknya melakukan audit ke OPD di Kota Samarinda, hasilnya cukup kurang.

“Rata-rata nilainya 15 poin ke bawah. Jadi kami mengkategorikan pengawasan dari nilai A sampai D,” ungkap Kirana, pada Kamis (23/11/2023).

Ia juga menyampaikan dari 40 OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Hanya ada 2 perangkat daerah yang pengelolaan kearsipannya lumayan bagus.

“Sejauh ini, penilaian terbaik yang lihat Sekertariat Pemerintah Kota Samarinda dan Bappeda Litbang Kota Samarinda,” lanjutnya.

Hanya 2 perangkat daerah yang melakukan tertib arsip dengan baik. Pihak Dispursip Kota Samarinda berinisiatif melakukan pendampingan kepada OPD-OPD lainnya untuk meningkatkan nilai auditnya.

“Di tahun depan kami akan melakukan pembinaan ulang untuk menaikkan nilai dari OPD-OPD lainnya,” pungkasnya. (ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!