Arsiparis DPK Samarinda Sebut Kurangnya Arsiparis

Arsiparis Terampil Dispursip Samarinda, Kirana Paraswari. (Ist)

Samarinda – Dalam lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda hanya beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) yang memiliki Arsiparis.

Dengan demikian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Samarinda mendorong setiap OPD untuk memperdayakan staff yang mengisi jabatan fungsional tersebut.

Untuk diketahui jabatan fungsional Arsiparis sangat penting bagi setiap, hal ini bertujuan untuk pengelolaan arsip lebih baik.

Arsiparis Terampil Dispursip Samarinda, Kirana Paraswari mengatakan Arsiparis disetiap OPD sangat penting, agar dalam  pengelolaan arsip dapat berjalan dengan lebih baik.

“Masing-masing OPD harus punya arsiparis. Mungkin tupoksi dari fungsional lain itu nggak seperti arsiparis,” ucap Kirana, pada Kamis (23/11/2023).

Namun, pentingnya jabatan arsiparis tidak semua OPD di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda memenuhi jabatan tersebut.

Kendati demikian DPK Kota Samarinda mendorong agar 2 staff untuk melakukan pengelolaan arsip secara khusus.

“Kalau misalnya pun ada staf ASN maupun non ASN misalnya mau di-SK kan atau ditunjuk sebagai pengelola arsip mungkin bisa difokuskan di situ,” jelasnya.

Hal ini merupakan strategi untuk memenuhi fungsi arsiparis. Agar pengelolaan arsip bisa terus berjalan. Karena jika menunggu jabatan fungsional yang memang sudah tersertifikasi. Akan semakin sulit.

“Tapi lebih baik ada fungsional kearsipannya,” pungkasnya. (ADV/DPK Kaltim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!