Tambang Tidak Aktif di Kutim Bisa Dimanfaatkan Sebagai Tambang Rakyat

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kutai Timur, Siang Geah
Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kutai Timur, Siang Geah

Sangatta – Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kutai Timur, Siang Geah, mengusulkan pemanfaatan lahan-lahan tambang yang tidak aktif di daerah sebagai sumber daya bagi masyarakat.

Menurutnya, lahan-lahan tambang yang tidak aktif tersebut masih memiliki potensi besar adanya hasil tambang yang belum selesai tereksplorasi. Sehingga bisa dimanfaatkan sebagai hutan atau tambang rakyat.

“Dalam beberapa lokasi seperti di Wahau, beberapa PT tambang tidak aktif. Kita bisa mengumpulkan advokat dan memanfaatkan lahan tersebut untuk kegiatan tambang rakyat. Mengubahnya menjadi hutan atau memanfaatkannya sebagai tambang kita sendiri, milik Kutai Timur,” ujar Siang Geah.

Siang Geah lebih mendukung konsep tambang rakyat, melibatkan masyarakat setempat dalam pengelolaan sumber daya tambang. Menurutnya, pendekatan ini akan memberikan dampak positif pada ekonomi lokal.

“Saya lebih mendukung tambang rakyat. Jika lahan tambang tidak aktif, kita bisa memanfaatkannya untuk kesejahteraan masyarakat setempat. Ini menjadi peluang baik untuk pemberdayaan ekonomi daerah,” tambahnya.

Dengan mengoptimalkan tambang yang tidak aktif sebagai tambang rakyat, Siang Geah berharap dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kutai Timur dan mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!