Sadar Lalu Lintas Sejak Dini: Pentingnya Keselamatan Berkendara

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Timur, Joko Suripto
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Timur, Joko Suripto

Sangatta – Kesadaran akan pentingnya keselamatan berlalu lintas merupakan hal yang harus ditanamkan sejak dini. Kondisi ini ditekankan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Timur, Joko Suripto, sebagai upaya untuk mengurangi tingkat kecelakaan, terutama di kalangan siswa SMP.

Dalam pernyataannya, Joko Suripto menjelaskan bahwa keselamatan berlalu lintas merupakan aspek krusial yang seringkali diabaikan, terutama oleh para pelajar SMP yang baru memasuki usia remaja. Kendaraan bermotor seperti sepeda motor, yang menjadi pilihan transportasi banyak pelajar, membutuhkan kematangan dalam penggunaannya.

Beliau menyoroti bahwa usia SMP adalah usia yang seringkali belum layak untuk mengendarai sepeda motor. Hal ini ditegaskan oleh peraturan yang melarang pengendara di bawah usia 17 tahun. Terlebih lagi, kecelakaan lalu lintas di kalangan siswa SMP dapat berdampak serius pada keselamatan mereka.

Joko Suripto juga menekankan pentingnya edukasi sejak dini tentang tata tertib berlalu lintas dan bahaya yang mungkin dihadapi para pelajar. Kesadaran tentang pentingnya berlalu lintas dengan aman dapat membantu mengurangi angka kecelakaan di kalangan siswa SMP.

Dalam rangka mencapai tujuan ini, Dinas Perhubungan Kutai Timur telah melaksanakan berbagai program, termasuk kampanye keselamatan berlalu lintas dan edukasi tentang transportasi yang aman. Selain itu, kerjasama dengan lembaga pendidikan juga menjadi salah satu fokus dalam membangun kesadaran berlalu lintas di kalangan pelajar.

Keselamatan berlalu lintas harus menjadi perhatian utama, dan ini merupakan tanggung jawab bersama masyarakat, sekolah, dan pemerintah. Dengan upaya bersama, diharapkan akan ada peningkatan kesadaran dan penurunan angka kecelakaan lalu lintas, khususnya di kalangan siswa SMP. Keselamatan berlalu lintas adalah hak setiap individu, dan mengajarkannya sejak dini adalah langkah positif dalam mewujudkannya.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!