Primata Liar Kehilangan Habitat, Siang Geah: Jangan Kambing Hitamkan Siapa-siapa, Tanggung Jawab Bersama

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kutai Timur, Siang Geah
Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kutai Timur, Siang Geah

Sangatta – Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Kutai Timur, Siang Geah, mengangkat isu kehilangan habitat monyet-monyet di pinggir jalan. Siang Geah menegaskan pentingnya memandang masalah ini sebagai tanggung jawab bersama dan bukan untuk menyalahkan pihak tertentu.

“Lalu monyet-monyet yang dipinggir jalan itu pernah saya bilang, tapi tidak pernah dilirik, malah kita jadi kambing hitam untuk menghajar perusahaan. Kalau kita berpikirnya terbalik, apa yang kita lakukan, kemana sih alam berpikir kita dari kita berbicara tentang 1 sampai lima pola pikir, artinya itu kan berkaitan dengan individu kita,” ujar Siang Geah.

Siang Geah menyampaikan keprihatinannya terhadap kehilangan habitat primata liar di sekitar jalan. Fenomena menyedihkan menjadi pengingat bahwa tidak hanya satu pihak saja yang bertanggung jawab.

“Jangan kambing hitamkan siapa-siapa. Primata ini juga bagian dari ekosistem kita. Ini tanggung jawab bersama untuk menjaga keberlanjutan alam dan keberadaan primata liar,” tambahnya.

Dalam pandangannya, perlu adanya pola pikir yang mencakup tanggung jawab individu dan kesadaran kolektif. Hal ini merujuk pada inisiatif perorangan akan kepeduliannya terhadap lingkungan dan bukannya kesalahan kelompok tertentu saja.

Siang Geah mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencari solusi yang berkelanjutan. “Mari kita mencari solusi yang melibatkan semua pihak. Kita bisa berperan dalam pelestarian alam dan membantu primata liar mendapatkan habitat yang aman,” pungkasnya.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!