Penanggulangan Bencana di Kutai Timur: Upaya Terpadu dan Siap Tanggap

Staff Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kutai Timur, Diananur Pratiwi
Staff Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kutai Timur, Diananur Pratiwi

Sangatta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Timur terus meningkatkan upaya penanggulangan bencana dengan pendekatan terpadu dan kesiapsiagaan yang lebih baik. Pada Pekan Raya Expo Kutai Timur 2023, BPBD memperlihatkan komitmennya dalam mempersiapkan masyarakat menghadapi bencana dengan alat-alat bantu dan peralatan terbaru.

Staff Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kutai Timur, Diananur Pratiwi, menjelaskan bahwa BPBD berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya persiapan dan penanggulangan bencana. “Kami siap menghadapi berbagai jenis bencana, termasuk banjir, gempa bumi, longsor, kebakaran hutan, dan lainnya. Expo Kutim 2023 menjadi wadah untuk memperkenalkan kepada masyarakat peralatan yang kami miliki,” kata Diananur Pratiwi.

Kutai Timur sering dihadapkan pada berbagai bencana, seperti kabut akibat asap pembakaran dan kebakaran hutan yang intensitasnya meningkat selama musim kemarau. Untuk itu, BPBD Kutai Timur memiliki tim yang terlatih dan siap sedia. “Kami memiliki fasilitas dan kendaraan yang lengkap, termasuk mobil pemadam, kapal, dan perahu karet, yang dapat kami manfaatkan dalam penanganan bencana,” tambah Diananur.

BPBD Kutai Timur berharap dapat memberikan layanan yang lebih baik dalam penanggulangan bencana dan meningkatkan kualitas fasilitas yang disediakan kepada masyarakat. Dengan peningkatan kesadaran dan persiapan yang lebih baik, Kutai Timur menjadi lebih siap untuk menghadapi bencana yang mungkin terjadi di masa depan.

Penanggulangan bencana memerlukan kerjasama dan kesiapsiagaan bersama, dan BPBD Kutai Timur berperan penting dalam memastikan keamanan dan kesiapan masyarakat. Upaya terpadu dan komitmen BPBD merupakan langkah positif dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan warga Kutai Timur.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!