Masyarakat Kutim Harus Melek Kesadaran Finansial

Anggota DPRD Kutim Siang Geah
Anggota DPRD Kutim Siang Geah

Sangatta – Pertumbuhan ekonomi di kawasan pedalaman kini menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan. Dengan dibukanya dua bank di Muara Wahau dan Kongbeng, terlihat bahwa perputaran uang di daerah ini mengalami peningkatan yang mengesankan. Setiap harinya, bank-bank setempat mencatat perputaran uang sekitar Rp10 miliar hingga Rp11 miliar.

Di sisi lain, Anggota DPRD Kutim Siang Geah menyampaikan keprihatinannya terkait pendapatan yang luar biasa di Kutim, ia memandang bahwa ada kekhawatiran terkait manajemen keuangan yang kurang bijaksana dan cenderung konsumtif.

“Saya punya kekhawatiran dengan pendapatan yang sudah luar biasa itu, kita tidak bisa memanfaatkan uangnya dengan baik, memiliki sifat konsumtif,” ungkapnya.

Pertanian sawit yang menjadi sumber pendapatan utama di Kutim, Siang Geah menjelaskan bahwa dalam masa panen yang melimpah, pendidikan dan pendampingan menjadi sangat penting. Upaya pemerintah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manajemen keuangan dan investasi yang bijak menjadi hal yang mendesak.

“Ketika sawit ini sudah berbuah lebat, bagaimana mengelola pendapatan dari hasil panen menjadi sebuah isu yang perlu diberikan perhatian khusus,” kata Siang Geah.

“Jadi tidak hanya masyarakat lokal, seharusnya ketika ada uang, itu diinvestasikan ke hal lain. Itulah yang harus diajarkan,” sambungnya.

Selain itu, para petani plasma yang menerima pendapatan tambahan, Siang Geah menyoroti perlunya kesadaran dan pemahaman mengenai pengelolaan dana yang masuk.

“Apalagi yang mendapat plasma bisa mendapatkan pendapatan yang signifikan, kadang-kadang mencapai Rp7 juta hingga Rp10 juta rupiah per bulan.”

Pendapatannya yang tinggi memberikan peluang besar bagi para petani, namun juga berisiko jika tidak dikelola dengan baik. Karena itu, pendidikan dan pendampingan mengenai manajemen keuangan dan investasi yang tepat akan menjadi faktor penting dalam memastikan bahwa pendapatan tersebut benar-benar bermanfaat bagi masyarakat dan berkelanjutan bagi daerah.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!