Meningkatnya Peluang Kerja Bagi Lulusan Baru di Kutim

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Kutai Timur Yan
Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Kutai Timur Yan

Sangatta – Saat ini, memasuki dunia kerja bagi sejumlah perusahaan sering kali mematok persyaratan yang cukup sulit untuk dilamar bagi para lulusan daerah itu sendiri.

Entah hadirnya sejumlah sumber daya manusia (SDM) yang berasal dari luar daerah ataupun kemampuan lulusan darrah yang belum memenuhi syarat.

Seolah menjadi angin segar, peluang bagi lulusan baru di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar terbuka lebar.

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Kutai Timur Yan mengungkapkan bahwa ada beberapa inisiatif untuk meningkatkan peluang kerja bagi para lulusan baru di wilayah Kutim

“Ada beberapa pilihan di beberapa SMK, kita sudah bekerja sama dengan Pamapersada Nusantara dan perusahaan-perusahaan lain. Meskipun belum mencapai potensi maksimal, saya melihat bahwa langkah awal sudah dilakukan,” ujar Yan, Rabu (1/11/2023).

Beberapa SMK tengah memulai sebuah program-program pelatihan yang berpotensi memberikan skill dan keahlian yang diperlukan sebagai peluang kerja bagi lulusannya.

Meskipun persentase ini masih terbilang kecil, Yan berpendapat bahwa perlu dilakukan negosiasi lebih lanjut untuk meningkatkan jumlah peluang kerja yang tersedia.

“Sekalipun persentasenya masih tergolong kecil, saya kira kita perlu melakukan negosiasi lebih lanjut agar persentasinya tidak terlalu kecil,” tambahnya.

Dengan kolaborasi dan pelatihan yang lebih baik, diharapkan para lulusan SMK dapat memiliki akses yang lebih baik ke pekerjaan dan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dalam dunia kerja.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!