Perekrutan Tenaga Kerja di Kutai Timur: Kendala dan Solusi

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang
Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang

Sangatta – Upaya pemerintah Kabupaten Kutai Timur untuk meningkatkan jumlah tenaga kerja lokal telah memunculkan beberapa kendala yang perlu diatasi.

Perekrutan tenaga kerja lokal menjadi bagian integral dari program pemerintah yang bertujuan memenuhi kebutuhan tenaga kerja di berbagai sektor. Namun, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang, menjelaskan beberapa kendala yang dihadapi dalam perekrutan tenaga kerja lokal.

“Kami memiliki lonjakan peningkatan jumlah penduduk dan pendatang, yang membuat pengelolaan data dan rekrutmen tenaga kerja semakin rumit. Selain itu, bahasa menjadi hambatan bagi beberapa tenaga kerja lokal dalam berkomunikasi dengan perusahaan dan pelatihan yang memerlukan bahasa asing,” sebutnya.

Untuk mengatasi kendala bahasa, pemerintah Kabupaten Kutai Timur telah berupaya menyediakan pelatihan bahasa asing kepada tenaga kerja lokal yang membutuhkan.

Hal ini diharapkan akan memperkuat kemampuan komunikasi dan pemahaman bahasa asing di tempat kerja.

Masalah lain yang dihadapi adalah pendataan tenaga kerja yang tidak selalu akurat.

Dengan pertumbuhan cepat populasi lokal dan pendatang, perlu meningkatkan sistem pendataan dan pemeliharaan data untuk memahami kebutuhan tenaga kerja lebih baik.

Piter Buyang juga menjelaskan upaya yang telah diambil untuk mengatasi masalah-masalah ini. “Kerjasama yang baik dengan perusahaan-perusahaan lokal dan asing telah membantu dalam pelatihan dan penempatan tenaga kerja. Program pelatihan yang berfokus pada sertifikasi nasional juga merupakan solusi bagi banyak kendala, karena ini akan memberikan pengakuan resmi atas kemampuan tenaga kerja lokal.”

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur bersama dengan berbagai pihak terkait telah berkomitmen untuk mengatasi kendala-kendala ini.

Selain itu, langkah-langkah telah diambil untuk memastikan bahwa tenaga kerja lokal memiliki akses ke peluang kerja yang tersedia di wilayah ini.

Dengan upaya yang berkelanjutan, diharapkan perekrutan tenaga kerja lokal di Kutai Timur akan semakin sukses dan memberikan kontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan wilayah.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!