Kerjasama dengan BLKI: Mewujudkan Keahlian Tenaga Kerja

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang
Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang

Sangatta – Kabupaten Kutai Timur terus memperkuat upaya untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian tenaga kerja lokal melalui kolaborasi dengan Balai Latihan Kerja Industri (BLKI).

Program pelatihan yang diselenggarakan bersama BLKI bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal dengan keterampilan yang dibutuhkan oleh industri saat ini.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kutai Timur, Piter Buyang, menjelaskan pentingnya kerjasama dengan BLKI dalam upaya ini.

“Kerjasama dengan BLKI merupakan langkah strategis untuk mewujudkan tenaga kerja yang berkualitas. BLKI membantu memberikan pelatihan dan sertifikasi yang mengacu pada standar industri, sehingga lulusan pelatihan siap bersaing di pasar kerja,” ujar Piter.

Program pelatihan yang diberikan mencakup berbagai bidang, termasuk mekanik alat berat, desain grafis, menjahit, dan servis AC, serta berbagai keterampilan lain yang sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri.

Program-program pelatihan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan industri saat ini dan meningkatkan peluang kerja bagi penduduk setempat.

Sertifikasi nasional juga menjadi fokus utama dalam program ini. Pemerintah Kabupaten Kutai Timur percaya bahwa sertifikasi adalah langkah penting untuk mengukur dan mengakui kemampuan tenaga kerja lokal.

Dengan memiliki sertifikat yang diakui secara nasional, lulusan pelatihan memiliki kredibilitas dan kualifikasi yang diinginkan oleh industri.

Buyang menegaskan bahwa hasil dari program pelatihan dan sertifikasi ini sangat positif. “Hingga saat ini, lebih dari 41.000 tenaga kerja telah terserap dalam berbagai program pelatihan. Ini merupakan bukti nyata dari efektivitas program ini dalam meningkatkan kemampuan tenaga kerja lokal dan memberikan mereka peluang kerja yang lebih baik.”

Melalui kolaborasi yang kuat antara pemerintah Kabupaten Kutai Timur dan BLKI, langkah-langkah konkrit telah diambil untuk mewujudkan keahlian dan keterampilan tenaga kerja lokal.

Ini tidak hanya mendukung pertumbuhan karir individu, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan wilayah secara keseluruhan.

Program-program ini merupakan contoh nyata dari komitmen pemerintah untuk mempersiapkan tenaga kerja lokal guna bersaing dalam dunia kerja yang semakin kompetitif.ADV

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!