Pasar Pangan Murah Yang Diadakan Dinas Ketahanan Pangan Pada 2023

Pasar murah di kawasan perkantoran bukit pelangi
Pasar murah di kawasan perkantoran bukit pelangi

Sangatta – Kegiatan pasar pangan murah yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mempersiapkan kupon sebanyak 40 ribu lembar selama 4 hari kedepan. Pasar pangan murah telah dibuka pada hari selasa (17/10/2023) di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kutim di kawasan Perkantoran Bukit Pelangi.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, dia menyampaikan pengaruh cuaca El-nino yang sedang trending di berbagai negara khususnya persoalan pangan.

“Tapi kita di Indonesia tidak terlalu terdampak, hanya persoalan sekarang kita masuk pada musim El-nino yang sudah pasti berpengaruh pada produksi para petani,” ungkapnya.

Terusnya, di beberapa kecamatan ia menyaksikan kondisinya alam yang masih bervariasi, sebab hujan masih ada yang aktif di beberapa kecamatan Kabupaten Kutai Timur.

Walaupun hujan tersebut turunnya kadang kala hanya sebulan sekali, akan tetapi pada dasarnya saat ini masih musim el-nino.

Oleh karna itu, ia mendukung kegiatan pasar pangan murah yang dianggap menjadi solusi bagi masyarakat dalam mengendalikan ketahanan pangan.

“Ini (tanaman sayur di pot) termasuk panganan yang bisa kita olah di pekarangan, tidak membutuhkan lahan yang luas,” ucapnya.

Diwaktu yang sama, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Bennie Hermawan menjelaskan bahwa kegiatan akan dibuka mulai tanggal 17 sampai 20 Oktober 2023 mendatang.

Pihaknya mempersiapkan 40 ribu kupon bagi masyarakat Kutai Timur yang akan membeli paket sembako yang disediakan seperti beras 5 kilogram, gula pasir 1 kilogram, minyak goreng, bawang merah dan bawang putih.

Tidak hanya itu, pihaknya juga disuplai oleh Bulog sebanyak 6 ton sembako yang terdiri dari beras, gula pasir dan minyak goreng.

Per hari, pihaknya menyediakan 10 ribu kupon dan hari ini per tadi siang telah habis sebanyak 5 ribu kupon.

“Ini rangkaian pekan bulan pangan dan gizi serta gerakan pasar pangan murah, tujuannya untuk menstabilkan harga dan inflasi,” jelasnya.

Setelah itu, Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman bersama wakilnya, Kasmidi Bulang melakukan panen sayur dan ikan di pekarangan Dinas Ketahanan Pangan Kutai Timur.

Writer: DimasEditor: setiya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!