Pelaksanaan Peran Bunda PAUD di Dukung Disdikbud Kutim

Bunda PAUD Desa di Lamin Datun di Kecamatan Muara Ancalong
Bunda PAUD Desa di Lamin Datun di Kecamatan Muara Ancalong

Muara Ancalong – Peran Bunda PAUD merupakan hal yang sangat strategis dalam mendukung dan terlibat dalam mewujudkan PAUD yang berkualitas.

Hal ini disampaikan Bunda PAUD Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Siti Robiah usai melantik sembilan Bunda PAUD Desa di Lamin Datun di Kecamatan Muara Ancalong, Sabtu (5/8/2023).

“Jabatan ini disematkan bukan hanya sebagai gelar saja, tapi ada fungsi dan tugas yang harus dijalankan,” ucap Siti Robiah.

Selain itu, Siti Robiah menyebutkan beberapa peran Bunda PAUD yang perlu segera diimplementasikan, di antaranya adalah segera dibentuknya kelompok kerja (pokja) Bunda PAUD dari tingkat kecamatan hingga desa untuk memastikan kelancaran seluruh kegiatan Bunda PAUD.

“Mereka juga harus bekerja sama dengan dinas pendidikan daerah, mitra PAUD, para ahli, perusahaan, dan perusahaan,” lanjutnya.

Karena peran Bunda PAUD adalah untuk mendukung pelaksanaan layanan PAUD yang berkualitas, Bunda PAUD dituntut untuk terus menjalin hubungan dengan lembaga PAUD di sekitar desa dan berperan dalam mempromosikan pendidikan dan tenaga kependidikan PAUD yang berkualitas.

Tidak hanya itu, Siti Robiah mengatakan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutim juga membantu dengan mengadakan beberapa kali bimbingan teknis bagi para guru mengenai Kurikulum Merdeka dan transisi dari PAUD ke SD di seluruh wilayah Kutim.

“Alhamdulillah dengan adanya dukungan tersebut dapat meningkatkan pemahaman para guru sehingga mereka dapat menyediakan layanan pendidikan dengan cara yang menyenangkan, bukan memaksa,” pungkasnya.ADV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!