Gelar Pelatihan Aneka Olahan Madu Kelulut, Darsafani Optimis Investor Lirik Produk Olahan Tersebut

(Diskop UKM) Kabupaten Kutai Timur mengadakan Pelatihan Aneka Olahan Madu Kelulut yang diadakan di Aula Hotel MS, Jalan Yos Sudarso I Kecamatan Sangatta Selatan, Rabu (21/6/2023).
(Diskop UKM) Kabupaten Kutai Timur mengadakan Pelatihan Aneka Olahan Madu Kelulut yang diadakan di Aula Hotel MS, Jalan Yos Sudarso I Kecamatan Sangatta Selatan, Rabu (21/6/2023).

Sangatta – Untuk kali kedua sejak setahun yang lalu, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mengadakan Pelatihan Aneka Olahan Madu Kelulut yang digelar selama 3 hari sejak tanggal 21 sampai 23 Juni 2023 di Aula Hotel MS, Jalan Yos Sudarso I Kecamatan Sangatta Selatan, Rabu (21/6/2023).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 30 pembudidaya madu kelulut yang berasal dari wilayah Kutim sekaligus mengundang narasumber dosen sekaligus peneliti lebah di Universitas Hasanuddin Makassar.

Pelatihan resmi dibuka oleh Kepala Diskop UKM Darsafani sekaligus menyampaikan beberapa patah kata untuk menyambut peserta dan narasumber yang hadir.

Dalam sambutannya, Darsafani menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia para petani madu kelulut yang ada di Kutim sekaligus untuk menggali potensi lebih banyak lagi dari segi olahan-olahan atau turunan produk yang dapat dihasilkan dari madu kelulut.

“Tahun kemarin kami hanya di beri 5 turunan olahan madu kelulut, sedangkan saat ini totalnya ada 8000 turunan,” jelas Darsafani.

Atas dasar itulah, Darsafani ingin memberikan sebanyak mungkin ilmu tentang olahan madu kelulut kepada para petani ini.

“Para peserta rata-rata adalah peserta pelatihan tahun lalu, tapi ada beberapa peserta pemula yang baru berkecimpung di dunia madu kelulut,” ungkapnya.

Selain itu darsafani mengungkapkan bahwa nanti akan dilakukan kurasi atau penilaian terhadap para petani yang benar-benar menggeluti usaha ini.

“Karena ke depannya Diskop UKM Kutim akan bekerjasama dengan Genpro dalam mempromosikan hasil olahan madu kelulut, kami berencana akan mendatangkan dan menawarkan produk-produk olahan madu kelulut ini kepada para investor,” ujarnya.

Darsafani berharap investor-investor tersebut berminat terhadap olahan madu kelulut dan merasa optimis karena khasiat produk ini sudah terkenal di mana-mana.ADV

Writer: DimasEditor: Dila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!