Serah Terima Bantuan Alsitan 10 Poktan di Kutim

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyerahkan bantuan Alsitan kepada 10 Poktan di lokasi Poktan Sukses Makmur Bersama, Teluk Lingga, Sangatta Utara, Selasa (13/6/2023).
Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyerahkan bantuan Alsitan kepada 10 Poktan di lokasi Poktan Sukses Makmur Bersama, Teluk Lingga, Sangatta Utara, Selasa (13/6/2023).

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyerahkan bantuan Alsitan kepada 10 Poktan di lokasi Poktan Sukses Makmur Bersama, Teluk Lingga, Sangatta Utara, Selasa (13/6/2023).Sangatta – Sebanyak 10 Kelompok Tani (Poktan) di beberapa Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mendapatkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP).

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis yang dipusatkan di lokasi Poktan Sukses Makmur Bersama, Teluk Lingga, Sangatta Utara, Selasa (13/6/2023).

Selain menyerahkan alat pertanian berupa alat cultivator, mulsa dan pupuk, DTPHP juga menyerahkan bantuan beberapa bibit tanaman diantaranya bibit cabe, bibit bawang merah yang akan ditanam bersama dalam rangkaian acara tersebut.

Penyerahan Alsitan turut disaksikan oleh kepala DTPHP Dyah Ratnaningrum, Camat Sangatta Utara Hasdiah Dohi, Ketua Dekranasda Kutim Ny Siti Robiah beserta para petani yang hadir dengan perasaan antusias.

“Saya sudah perintahkan kepada kepala DTPHP untuk melakukan inventarisasi secara menyeluruh seluruh keperluan petani untuk mendukung perkembangan dan meningkatkan hasil pertanian yang ada di Kutim,” ungkap Ardiansyah dalam sambutannya.

Salah satu alat yang telah direalisasikan adalah Cultivator, Ardiansyah berjanji secara bertahap akan memberikan kepada seluruh Poktan yang ada di Wilayah Kutim.

“Beberapa komoditas yang dihasilkan oleh para petani saat ini masih terkendala pemasaran, kecuali produk Holtikultura, malah belum mampu memenuhi pasar di Kutim, terutama sayur-sayuran,” jelasnya.

Memperhatikan hal ini, Ardiansyah menyatakan adanya peluang yang sangat besar bagi para petani dalam meningkatkan dan mengembangkan produktifitasnya untuk memenuhi target pasar dan memperluas usaha di bidang tani.

“Kami akan terus mendukung dengan berbagai program untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas usaha hasil pertanian yang ada di Kutim, mengingat sektoragraria merupakan penyumbang pembangunan terbesar bagi negara,” tutupnya.ADV

Writer: DimasEditor: Dila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!